ASOPS Kapolri Cek Kesiapan Jalur Mudik di Brebes

Tribratanews.polri.go.id, Brebes – Dalam rangka menjelang mudik lebaran tahun 2017, Asisten Operasi Polri, Irjen Pol Unggung Cahyono  yang didampingi Kakorlantas, Irjen Royke Lumowa dan Kakorsabhara Baharkam, Irjen Umar Septono melaksanakan pengecekan dan peninjauan jalur mudik di Kabupaten Brebes, Rabu (26/4).

Kedatangan para petinggi Mabes Polri ini dusambut para pejabat dari Polda Jateng antara lain Karo Ops Kombes Pol Haryanto, Dirlantas  Kombes Pol Bakharuddin serta Kapolres Brebes AKBP Luthfie Sulistiawan di pos pintu keluar Tol Brebes Timur (Brexit).

Disampaikan Unggung, pihaknya akan mengerahkan 11 Satuan Setingkat Kompi (SSK) atau sekitar seribu lebih personel untuk mengamankan jalur mudik di Jawa Tengah.

Jumlah personel itu belum ditambah dari Polda Jateng. Kekuatan 11 SSK merupakan bantuan dari Mabes Polri. “Kami akan tempatkan personel terutama di jalan tol Brebes Timur ke Semarang,” kata Unggung.

Menurutnya, jumlah personel itu terdiri satuan Brimob serta polisi yang tengah menempuh pendidikan di Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa).

Dijelaskan, Operasi Ramadaniya 2017 itu akan dilaksanakan selama 16 hari dari 21 Juni sampai awal Juli 2017. Berdasarkan kalender, Idul Fitri jatuh pada 25-26 Juni 2017.

Seperti diketahui, saat ini tengah dibangun jalan tol sesi 3 – 4 yang menghubungkan Brebes – Pemalang sampai Semarang. Jalan tol Brebes Timur- Ngaliyan Semarang menjadi prioritas pengamanan karena jalan tersebut belum rampung seratus persen. Sarana dan prasarana juga masih minim.

Disebutkan walaupun sudah bisa dilalui namun sarana prasarana masih sangat minim.  Dimana, nantinya akan didirikan  tenda-tenda pengamanan disepanjang jalan yang bisa digunakan saat arus mudik.

“Jalan tol bisa digunakan namun masih berupa cor dasar atau cor kerja (Lean Concrete/ LC) setebal 10 sentimeter. Hal tersebut berdasarkan hasil koordinasi dengan pelaksana proyek jalan tol,” jelasnya.

Disamping itu, dijelaskan oleh Jenderal Bintang Dua ini bahwa pihaknya juga telah melaksanakan koorsinasi dengan Pertamina untuk memasang pom bensin darurat atau portable. Tim kesehatan juga tentu akan disiagakan dijalan tol tersebut.

“Jalan tol sudah fungsional atau bisa digunakan pemudik dari Brebes Timur hingga Ngaliyan Semarang. Namun demikian kami imbau kepada pemudik untuk tetap waspada dan hati-hati karena masih bersifat sementara,” pungkasnya.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password