Operasi Bina Kusuma Polres Brebes, Ciduk 13 Anak jalanan

Tribratanews.polri.go.id, Brebes – Satuan Sabhara Polres Brebes Polda Jawa tengah, Kamis (20/4) siang kemarin berhasil menagamankan 13 anak jalanan dari 3 lokasi yang berbeda. Mereka diamankan karena sering mengganggu kenyamanan para pengguna jalan.

Dari tiga lokasi yakni, Alun-alun Brebes, perempatan lampu merah Banjaranyar serta dikawasan Minimarket di jalan raya Kaligangsa Brebes. Dalam razia yang melibatkan puluhan personel ini sempat terjadi kerjar kejaran sebelum akhirnya berhasil diamankan dan dibawa ke Mapolres Brebes untuk dilakukan pendataan.

Kapolres Brebes AKBP Luthfie Suliatiawan melalui Wakapolres Kompol Mashudi  saat melakukan pengecekan kepada belasan remaja ini menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas serta tindak kejahatan lainya. Oleh karena itu, pihaknya terus melakukankegiatan pencegahan, salah satunya dengan pelaksanaan patroli rutin.

“Para remaja ini juga diamankan saat anggota kami melakukan patroli. Adanya keresahan dan ketidaknyamanan para pengguna jalan atas perilaku yang ditimbulkan oleh para pemuda ini sehingga kami amankan dan akan diberikan pembinaan,” kata Wakapolres.

Dari 13 pemuda yang berhasil diamankan itu, ternyata ada yang berasal dari luar Kabupaten. Salah satunya DG (15) warga desa Margadana Kabupaten Tegal. Saat didata oleh petugas, Ia yang hanya lulusan SD itu mengatakan saat diamankan tengah duduk bersama teman-teman lainya disekitar lampu merah Banjaranyar.

Ditambahkan Wakapolres, pihaknya saat ini tengah menggelar Operasi kewilayahan dengan sandi Bina Kusuma 2017 yang mana operasi tersebut mengedepankan kegiatan pembinaan dan penyuluhan yang didukung giat deteksi dan penyelidikan. “Salah Satu sasarannya adalah pemberantasan Premanisme,” jelasanya.

Setelah dilakukan pendataan  dan pembinaan, pemuda dan anak-anak tersebut kemudian dikembalikan kepada orang tua masing dengan berjanji tidak mengulangi perbutan yang dapat mengganggu kenyamanan masyarakat.

Penulis : Herlinda

Editor : Umi Fadilah

Publish : Sarinto

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password