Tak Disangka para Pelaku Membawa Senpi, Baku Tembak pun Tak Terelakkan

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Setelah sebulan penuh para bintara remaja atau Baja Satsabhara digembleng dengan pengetahuan dan wawasan tentang Polisi tugas umum, hari ini mereka berkesempatan memperagakan kepiawaian penguasaan teknik dan taktik kepung sergap di hadapan Kapolres Trenggalek beserta pejabat utama di halaman Mapolres Trenggalek, Rabu (26/04).

Sebuah skenario telah disiapkan yakni adanya pelaku kejahatan yang bergerak dari arah Kabupaten Ponorogo menuju Trenggalek. Setelah komunikasi dan memastikan identitas kendaraan yang diasumsikan berwarna hitam, Tim Satsabhara bergerak melakukan penyisiran menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua lengkap dengan senjata api laras panjang.

Tak beberapa lama kemudian diketahui kendaraan tersebut melintas di jalanan kota Trenggalek dan dilakukan pengejaran. Setelah diminta berhenti dan mengelurkan tembakan peringatan tetap tidak digubris, maka dua kendaraan dinas Satsabhara bertindak cepat dengan menghadang mobil sasaran dari arah depan dan belakang. Tak dinyana, beberapa pelaku ternyata membawa senjata api. Baku tembak pun tak terelekkan. Dengan kepiawainnya, Tim inipun berhasil melumpuhkan para pelaku kejahatan.

Kasat Sabhara Polres Trenggalek, AKP Rudi Purwanto, SH menuturkan bahwa simulasi ini dibuat senyata mungkin agar anggota siap menghadapi situasi yang sesungguhnya. Penggunaan senjata api juga mengacu pada tahapan-tahapan sebagaimana yang tercantum dalam Peraturan Kapolri Nomor 1 Tahun 2009.

“Dinamika kejahatan selalu berubah, meningkat sesuai dengan teknologi dan perkembangan zaman. Sudah menjadi keharusan bagi anggota Polri untuk memiliki skill mumpuni sesuai bidang dan fungsi masing-masing” ujar AKP Rudi.

Sementara itu, Kapolres Trenggalek, AKBP Donny Adityawarman, S.I.K., M.Si menyatakan apresiasi dan kebanggaannya terhadap anggota Satsabhara yang terus menerus berlatih untuk meningkatkan profesionalisme kerja.

“Kita harus siap dalam situasi apapun. Jangan ragu mengambil tindakan tegas senyampang sesuai dengan aturan yang berlaku. Terus kembangkan ilmu yang dimiliki, lakukan latihan secara kontinyu demi keamanan dan kenyamanan masyarakat ”pungkas AKBP Donny.

Penulis : Ady

Editor : Umi Fadilah

Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password