Seminar Nasional Meneguhkan Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jateng, Ratusan mahasiswa Universitas Wahid Hasyim, Semarang mendeklarasikan komunitas Gusdurian di Kampus Unwahas Menoreh Semarang, Rabu (26/4/2017).

Deklarasi Gusdurian Unwahas diikuti sekitar 236 mahasiswa dan disaksikan oleh ibu Anita Wahid dari Pengurus Gria Gusdur Jakarta. Deklarasi ini mengangkat tema Meneguhkan Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa.

Semakin meluasnya ormas anti Pancasila menjadikan ancaman nyata yang harus segera dihapuskan dalam peradaban bangsa Indonesia. “Nilai-nilai Pancasila sudah ada dalam jiwa masyarakat Indonesia jauh sebelum merdeka dan terbukti oleh waktu mampu mempersatukan perbedaan bangsa Indonesia” kata Mohammad Sabiq Ketua Gusdurian Unwahas. Menurutnya, menjadi penting bagi semua perguruan tinggi untuk menjaga nilai-nilai pancasila karena salah satu faktor penghancur Negara melalui perusakan Ideologi bangsa.

“Kita semua perlu mengamalkan Sembilan nilai Gusdur untuk menjaga kesatuan Negara Indonesia. Sembilan nilai itu adalah Taukid, keadilan, kearipan lokal, kemanusiaan, kesetaraan, persodaraan, kebebasan, kesederhanaan, dan kesatriaan,” kata pengurus Gria Gusdur Jakarta Anita Wahid.

Rektor Universitaswahid Hasyim Semarang Dr. H. Mudzakkir Ali, MA pihaknya sangat mendukung adanya komunitas Gusdurian Unwahas. Karena dengan adanya komunitas ini diharapkan mahasiswa mampu mengamalkan nilai-nilai Gusdur dan Pancasila kedalam masyarakat.

“Pancasila itu sudah final, maka seluruh mahasiswa Unwahas terhukumi fardu’ain untuk menjaga dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila,” kata H. Mudzakkir.

Akbp M. Toha Kasubdit Bintibluh Dit Binmas Polda Jateng mewakili Dir Binmas menghadiri seminar nasional yang di adakan universitas Wahid Hasyim. M.Toha mengatakan,” Kita selalu mengantisipasi pikiran pikiran yang bertujuan untuk mengganti Pancasila sebagai Ideologi Bangsa, kita harus bisa berpikir jernih untuk menyikapi perbedaan pendapat dengan baik dan kita bisa memberikan contoh yang benar, dan kita harus profesional.”

Penulis : Daniel

Editor : Umi Fadilah

Pengunggah : Wagiman DTT

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password