Kapolsek Kelam Hadiri Rakor Pelestarian dan Perlindungan Terhadap Kawasan Konservasi Wisata Bukit Kelam

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar-Polres Sintang- Untuk menyikapi perkembangan kondisi di kawasan Lokasi Wisata Bukit Kelam Dusun Kenukut, Desa Kebong, Kecamatan Kelam Permai, Kapolsek Kelam diwakili Kasium Aiptu Herliadi, mengikuti Rapat Koordinasi Pelestarian dan Perlindungan Kawasan Konservasi, Selasa ( 25/04/2017)

Kegiatan yang digelar pada pukul 08.00 wib dilaksanakan di Balai Gaok Kantor Kecamatan Kelam Permai, dengan nara sumber rapat Kepala Konservasi Sumbet Daya Alam Kab. Sintang yang diwakili oleh Kasi Penyuluhan Hukum Bapak Bhatara Sibarani. SH. Kegiatan tersebut dibuka oleh Camat Kelam Permai Drs. Maryadi. M.Si.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Forkompincam Kecamatan Kelam Permai, Sekretaris Disporapar Kab. Sintang Ir. Erwin Simanjuntak, Kepala Desa Kebong Duman, S. Sos, Kepala Desa Kelam Sejahtera Hermanus Tugu S. Sos, Temenggung Kecamatan Kelam Permai Yohanes Biong, Staf Dinas KSDA Sintang, Tomas, Todat dan Toda yang berada di kawasan Konservasi Bukit Kelam serta masyarakat yang berdomisili diareal lokasi kawasan Bukit Kelam.

Dari kegiatan rapat koordinasi yang dilaksanakan tersebut didapat 4 point penting yaitu
Pertama masyarakat yang berada dalam kawasan konservasi wisata Bukit Kelam dihimbau untuk menghentikan kegiatan exploitasi batu – batu yang masuk dalam kawasan konservasi wisata  Bukit Kelam.

Kedua, Oleh pihak KSDA dalam waktu dekat akan menata dan menertibkan Blok batas pemukiman penduduk diarea Konservasi Bukit Kelam begitu juga bagi masyarakat  yang sudah terlanjur memiliki Sertifikat akan ditinjau ulang, dan akan melibatkan pihak BPN Kabupaten Sintang serta pihak terkait.

Ketiga, Dalam pelaksanaan tugas dilapangan sesuai komitmen bersama, akan dilakukan dengan cara pendekatan persuasif terhadap pihak-pihak terkait  dan akan melakukan koordinasi intens dengan Forkompimcam Kelam Permai dan perangkat-perangkat Desa, Tokoh masyarakat, adat yang ada disekitar kawasan Bukit Kelam.

Keempat, Dimohon kepada para Kades yang wilayahnya masuk dalam kawasan konservasi wisata Bukit Kelam agar turut bertanggung jawab dan membantu giat kedepan yang akan dilaksanakan pihak KSDA, begitu juga disarankan agar para Kades dapat membuat Perdes dalam menjaga kelestarian yang ada dikawasan Bukit Kelam.

Kapolsek Kelam Permai Iptu Zulfikar Koto melalui Kasium Aiptu Herliadi mengajak seluruh komponen yang hadir untuk sama-sama mendukung pelestarian kawasan kenservasi bukit kelam yang merupakan ikon wisata Kabupaten Sintang.

Penulis : Dedi / Yohanes
Editor    : Umi Fadilah
Publish:  Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password