KOMITMEN BERANTAS PUNGLI : Bupati Sidrap Kukuhkan Satgas Saber Pungli Lintas Instansi

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Bupati Sidenreng Rappang H. Rusdi Masse mengukuhkan tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli). Tim ini melibatkan lintas instansi.

Pengukuhan ini dilaksanakan, Kamis (29/12/2016) di Aula SKPD Kabupaten Sidrap. Satgas ini melibatkan sekitar 60 personil lintas instansi terdiri dari Pemerintah daerah (Pemda) kabupaten sidrap, Polres Sidrap, Kejaksaan dan TNI.

Pembentukan satgas ini merupakan komitmen wilayah kabupaten sidrap dalam memerangi pungli. Sebagaimana instruksi Presiden (Joko Widodo).

Hadir dalam acara pengukuhan ini, Kepala Kepolisian Resort Sidrap AKBP M. Anggi Naulifar Siregar namun beliau berhalangan hadir karena ada tugas di polda maka diwakili oleh Kabag ops Kompol Makkaneneng, Dandim 1420, Kepala kejaksaan, Ketua pengadilan, Sekda dan Ketua DPRD Sidrap.

Dalam acara tersebut, Bupati Sidrap yang akrab disapa H. Rusdi ini ditunjuk sebagai penanggung jawab utama Tim Saber Pungli Sidrap. Kemudian diikuti jajaran Forkopimda di Sidrap.

Dalam sambutannya, H. Rusdi menyebutkan, tugas dan fungsi Satgas Saber Pungli ini untuk memberantas pungli di berbagai pelayanan khususnya di kabupaten sidrap. Rusdi berjanji akan ikut memantau kerja tim agar bisa berjalan dengan maksimal.

Dia (Rusdi) mengaku sektor pelayanan paling rawan terjadinya praktik pungli di Kabupaten sidrap . Sehingga, perlu adanya perhatian khusus dari Satgas Saber Pungli pada sektor yang bersentuhan dengan masyarakat tersebut.

Rusdi menjelaskan pola kerja Satgas Saber Pungli yaitu menindaklanjuti laporan terkait adanya praktik terlarang tersebut. Selain itu, sambung dia, melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap pelaku pungli dari hasil pengintaian.

“Kita harapkan tim ini bisa bekerja maksimal dalam memenuhi target memberantas pungli. Pungli yang dilakukan oknum-oknum yang tidak bertangungjawab di Sidrap ini harus diberantas,” kata Rusdi.

“Tim Saber Pungli harus bekerja maksimal agar bisa menjawab keinginan masyarakat selama ini. Tidak hanya pada instansi lain saja, saya juga berharap tidak ada lagi pungli di jajaran internal kita,” Lanjut Rusdi

“Tim harus segera berjalan maksimal, kalau ada laporan pungli, langsung ditindak lanjuti,” Tegas Rusdi

“Kami minta partisipasi dari masyarakat untuk pro aktif melaporkan apabila adanya praktik pungli,” ungkap Rusdi
“Pelaku pungli yang kami tangkap akan diproses sesuai hukum yang berlaku,” menambahkan.

“Satgas Saber Pungli ini akan mulai efektif beroperasi tahun 2017,” Tutup Rusdi (cl_28)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password