Polda Sulbar Gelar Pelatihan Kehumasan untuk meningkatkan kemampuan Pengelolaan Informasi Publik.

tribratanews.polri.go.id – Polda Sulbar, Kepolisian Daerah Sulawesi Barat, Bidang Kehumasan menggelar pelatihan dalam rangka meningkatkan kemampuan personil dalam mengelola informasih demi menjaga kepercayaan Publik. Selasa (25/4/17).

 

Pelatihan tersebut akan digelar selama dua hari dari Tanggal 25-26 April 2017 dengan Jumlah 50 Orang terdiri dari Kasi Humas / Paur Bid Humas dan Operator PID Satker maupun Satwil jajaran Polda Sulbar dengan Narasumber dari media cetak dan online serta kepolisian.

Pelaksanaan pelatihan kehumasan dibuka langsung oleh kapolda Sulbar Brigjen Pol Drs. Nandang, MH, didampingi Wakapolda Sulbar Kombes Pol Drs. Tajuddin, MH dan kabid Humas Akbp Hj. Mashura M, SH serta dihadiri oleh para Pejabata utama, para Narasumber dari Media Cetak & online serta seluruh peserta pelatihan.

Kapolda Sulbar dalam sambutannya mengatakan Peran kehumasan adalah membangun citra Polri (Image Building) bagi Organisasinya, sebagai distributor informasih dari organisasi kepada Publik serta menampung dan menindak lanjuti Feed Back dari masyarakat kepada Organisasi.

Di Era Globalisasi ini, Teknologi Informatika dan komunikasi sangat berkembang pesat hingga menembus batas Negara, sehingga banyak yang mengatakan bahwa siapa yang menguasai Teknologi Informasi dan komunikasi maka dialah yang menguasai dunia.

Untuk itu perlu diingat bahwa informasi tidak dapat ditahan apalagi dikubur, informasi adalah Komuditas memliki Value olenya itu harus dikelola dengan baik dan di distribusikan kepada pimpinan redaksi, wartawan dan media sosial. humas telah mendapat mandat dari kapolri untuk menjadi garda terdepan di era Hoax oleh karena itu humas tidak bisa lagi terdiam harus bertindak dan terus memantau perkembangan kamtibmas di dunia Cyber.

Terakhir, Kapolda menambahkan lebih lanjut humas di Era Globalisasi ini telah menjadi urat nadi daripada organisasi untuk mendistribusikan, mengelola dan membuat terang informasi yang menyebar di masyarakat, agar tidak menjadi potensi konflik yang dapat merugikan organisasi Polri pada khususnya. Tandasnya

Sementara itu kabid Humas Akbp Hj. Mashura M, SH mengatakan Humas itu harus bisa menjadi jembatan antara publik dan lembaganya dalam hal ini Polri. Humas merupakan salah satu pelaksana teknis komunikasi yang harus melayani dan menjalin hubungan yang baik dengan mitranya, agar apapun pemberitaan yang disampaikan akan menjadi pendidikan bagi masyarakat, Tuturnya.

Selanjutnya kegiatan tersebut dilanjutkan dengan pembekalan materi pertama yaitu Mustafa Kufung (Ketua KPID) tentang Strategi pengawasan dalam penyiaran & Strategi humas dalam meningkatkan pencitraan organisasi dan peran humas dalam menghadapi Era Milenial dan UU Pers No. 40 oleh Komisaris Sulbar Expres.

Tidak hanya itu pembekalan materi juga di bawakan oleh Dirreskrimum dan Kabid humas Polda Sulbar yang dirangkaikan tanya jawab terkait kehumasan dalam meningkatkan kepercayaan Publik terhadap Polri.

Penulis : dhyman

Editor : Umi Fadillah

Publish : Wirad

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password