Cek Kelaikan Bus, Satlantas Polres Banjarnegara Libatkan Dishub Cegah Laka Lantas

Tribratanews.polri.go.id – Polres Banjarnegara, Satlantas Polres Banjarnegara melakukan pengecekan kendaraan bermotor jenis bus pada pangkalan bus di Kecamatan Purwanegara Kabupaten Banjarnegara, Selasa (25/4/2017).

Dengan mengandeng Dishub Banjarnegara, pengecekan dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan akibat bus yang tidak laik jalan.

Dalam kegiatan tersebut, dilakukan pengecekan bus mulai dari fungsi lampu sein, lampu rem, lampu utama, pengereman, kondisi ban, kelengkapan surat-surat kendaraan, buku uji kir kendaraan hingga ketersediaan P3K, segitiga pengaman dan pintu darurat.
Kasat Lantas Polres Banjarnegara, AKP Ben Aras, S.Sos, MH mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui kelaikan jalan kendaraan jenis bus di wilayah Banjarnegara untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan korban jiwa.

“Kami lakukan pengecekan bus mengenai kelaikan jalan kendaraan dan kelengkapan surat-surat kendaraan dengan melibatkan Dishub Banjarnegara. Dari hasil pengecekan, kelengkapan surat-surat pengemudi dan kendaraannya lengkap dan masih berlaku.”, ucap Kasat Lantas.

Lebih lanjut Sugeng dari Dishub Banjarnegara menyampaikan bahwa dari hasil pengecekan terdapat satu unit bus dengan kapasitas 60 tempat duduk yang ditemukan pada kaca sisi depan kiri mengalami sedikit retak sekitar 10%.

Menurutnya, hal ini belum begitu membahayakan namun pihaknya mengimbau pengemudi bus untuk menggantinya karena berpotensi terhadap keselamatan lalu lintas.

Penulis : Asri
Editor : Umi Fadilah
Publish : Asri

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password