Bhabinkamtibmas Hadiri Pemicuan STBM di Pringsewu Lampung

Tribratanews.polri.go.id – Polres Tanggamus. Bhabinkamtibmas Pekon Sri Rahayu, Polsek Sukoharjo, Brigadir Polisi Mujahidin menghadiri acara pemicuan STBM yang diselenggarakan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Banyumas di dusun 1 Pekon Sri Rahayu Kecamatan Banyumas, Selasa (25/4/2017)

Tim STBM Puskesmas Banyumas, Ernawati, SST menyatakan upaya pemicuan tersebut dilakukan melalui program STBM, karena mengingat masih ada permasalahan sosial budaya dan perilaku warga yang terbiasa buang air besar di sembarangan tempat.

Dirinya mengungkapkan pemicuan STBM kegiatan ini dilakukan karena masih banyaknya masyarakat yang melakukan buang air besar sembarangan.”Melalui program STBM kita melakukan pendekatan langsung kepada masyarakat, pemberdayaan masyarakat metode pemicuan, dengan prinsip ingin belajar kondisi lingkungan,”paparnya.

Menurutnya target kegiatan ini adalah menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk terus menerus memperbaiki pola hidup ke arah yang lebih sehat, terutama dengan pemanfaatan jamban keluarga dan jamban yang sesuai dengan standart kesehatan.

KUPT Puskesmas Banyumas Hi. Subani, S.Kep. M.Kes mengatakan dari 5.462 KK di kecamatan Banyumas ada 1.148 KK yang belum memiliki jamban sehat. Dirinya mengaku akan melakukan pemicuan sebanyak 26 kali di seluruh kecamatan Banyumas dan saat sudah 5 kali.

“Melalui pemicuan kita memberikan pengetahuan kepada masyarakat pentingnya jamban sehat. Memotivasi masyarakat untuk menggunakan jamban sehat. Karena bila kita tidak menggunakan jamban yang sehat akan banyak penyakit yang ditimbulkan,” katanya.

Diutarakannya ada beberapa peraturan yang mendasari STBM diantaranya, Peraturan Pemerintah No. 43 Tahun 2014 tentang peraturan Pelaksanaan UU No. 6 Tahun 2014 tentang desa. “Peraturan Menteri Kesehatan  No.3 tahun 2014 Tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dan diturunkan ke Peraturan Kabupaten Pringsewu No. 02 Tahun 2012 Tentang RT RW Pasal 28 ayat 2 B,”katanya.

Brigadir Polisi Mujahidin mengatakan acara yang diikuti oleh 47 warga berjalan lancar dan kondusif.”Kegiatan dimulai pukul 09.00 – 11.30 WIB berjalan lancar dan kondusif,”tutup Brigadir Polisi Mujahidin.

Penulis  : Arif/N.Muslih
Editor     : Umi Fadilah
Publish  : N.Muslih Lpg

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password