Cegah Peredaran Upal, Polwan Polres Demak blusukan di Pasar

Tribratanews.polri.go.id , Demak – Jelang Ramadhan , Kepolisian Resor Demak Polda Jateng gencar melakukan sosialisasikan uang palsu.

Selasa ( 25/04) Dua Polwan Sat Binmas Polres Demak   Iptu Ainal Marzizah dan Bripda Fanny blusukan  di pasar tradisional Bintoro Demak guna antisopasi peredaran uang kertas palsu di kalangan para pedagang maupun warga.

Dengan membawa alat  sinar ultraviolet biru dan contoh uang baru yang asli,  dua Polwan berjalan menyusuri pasar dan menghampiri para pedagang pedagang dengan senyum salam sapa serta santun   mengajari para pedagang di pasar tradisional untuk membedakan uang asli dan palsu.

Dalam kesempatan tersebut, Iptu Ainal Marzizah mengimbau kepada  pedagang  supaya  lebih jeli dan waspada apabila bertransaksi agar tidak mendapatkan uang palsu dan apabila mendapatkan uang kertas terutama uang yang nominalnya besar wajib untuk diraba dan diterawang terlebih dahulu sebagai wujud antispasi.

Dengan menunjukan sinar ultraviolet yang dibawa  Bripda Fanny,  Iptu Ainal juga mengimbau kepada para pedagang  untuk menggunakan alat sinar ultraviolet  agar lebih mudah mendeteksi.

Sosialisasi yang berjalan selama dua jam tersebut mendapat sambutan positif dari para pedagang dan masyarakat yang ada di pasar, hal ini terlihat pada saat  melaksanakan sosialisasi banyak warga yang ikut berkerumun untuk menambah wawasan dan agar tidak tertipu oleh para pelaku kejahatan pengedar uang palsu.

Pada saat Polwan Polres  Demak menjelaskan kepada pedagang tentang ciri uang palsu ada salah satu pedagang yang menceritakan pengalamannya bahwa pernah mendapatkan uang palsu pada saat bertransaksi dengan pembeli.

Mendengar  hal tersebut, Iptu Ainal langsung memaparkan  kalau uang palsu itu nampak buram  sedangka uang asli jika diperhatikan bagian pojok kanan bawah uang kertas, yakni terdapat optical variabel ink (OVI), dan jika diperhatikan dari sudut pandang berbeda, OVI akan berubah warna dari hijau ke magenta.

” Sisi belakang uang asli juga terdapat benang pengaman yang tertanam rapi dan uang kertas asli bila diraba pada bagian angka, huruf, dan gambar pahlawan terasa kasar. Selain itu, uang asli jika diterawang di sebelah kanan terdapat gambar pahlawan, kemudian di bawah nilai nominal ada gambar lingkaran bertuliskan Bank Indonesia” tambah Iptu ainal

Penulis : Enny_smde
Editor : Umi Fadilah
Publish : Enny_smde

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password