Polda Bali Sampaikan Pesan Kamtibmas melalui Seni

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali, Memiliki jiwa seni merupakan sebuah anugerah yang patut syukuri. Seni yang dimiliki, akan mempunyai nilai keindahan jika diiringi dengan latihan secara terus menerus. Atas hal tersebut, Polda Bali melakukan pendataan terhadap personel yang memiliki bakat seni dibidang tabuh (memainkan alat gamelan Bali). Sebanyak 35 personel dari berbagai satuan kerja ditunjuk untuk bergabung dalam komunitas seni tabuh yang diberi nama Sekaa Gong Bara Dharma Polda Bali.

WhatsApp Image 2017-04-25 at 07.31.20Gamelan Bali adalah seperangkat alat musik tradisional yang biasanya dimainkan bersama-sama dalam suatu upacara keagamaan, pertunjukan tari, pertunjukan wayang maupun pertunjukan khusus seni suara. Setiap alat gamelan yang dimainkan memiliki keterkaitan satu sama lainnya, sehingga mampu mengahasilkan suara gamelan yang merdu. Sekaa Gong Bara Dharma Polda Bali ini pun sudah pernah pentas (Ngayah) di beberapa pura besar di Bali seperti Pura Besakih, Pura Tanah Lot, Pura Goa Lawah, Pura Uluwatu, dan Pura Batur. “Setiap kami ngayah, kami selalu mementaskan Tari Topeng atau Bondres, melalui tarian ini kami menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas kepada masyarakat,” ujar Kasubdit Kerma Polda Bali AKBP Dewa Nyoman Megawasa selaku Ketua Sekaa Gong Bara Dharma disela-sela pelaksanaan latihan bersama di Bale Gong Pura Linggarcana Polda Bali, Selasa (25/4).

Ditambahkan perwira dua melati di pundak ini bahwa tujuan latihan ini dalam rangka meningkatkan kemampuan dibidang seni tabuh sehingga personel Polda Bali lebih profesional dalam memainkan alat gamelan Bali seperti Gong, Kempul, Kendang, Suling dan Gambang. Diharapkan melalui Sekaa Gong Bara Dharma, hubungan antara Polda Bali dengan masyarakat Bali semakin dekat dan saling mendukung untuk menjaga situasi Kamtibmas agar Bali tetap aman dan kondusif. “Saat ini, Bali sudah dikenal sebagai destinasi pariwisata dunia, sehingga keamanan dan kelestarian budaya Bali harus dijaga,” imbuhnya.

Penulis  : I Ketut Bina Wartawan

Editor    : Umi Fadilah

Publish  : I Putu Adnyana

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password