Peran Bhabinkambtibmas Berikan Problem Solving pada Masyarakat

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar, Polres Landak – Bhabinkamtibmas Desa Ansolok Kecamatan Mempawah Hulu Fiqri Hambali berikan problem solving permasalahan warga Desa Ansolok, Kecamatan Mempawah Hulu, Kabupaten Landak, Selasa (25/4).

Bripka Fiqri Hambali mengatakan “Peran Binmas, melalui Bhabinkamtibmas memberikan problem solving atau pemecahan masalah warga masyarakat dengan cara musyawarah dengan hasil bisa diterima oleh semua pihak, Bhabinkamtibmas dituntut untuk bisa menyelesaikan seluruh permasalahan yang ada di masyarakat layaknya Superman.” ujarnya.

Adapun permasalahan yang terjadi di Desa Ansolok adalah terkait masalah dugaan pelaku penculikan yang sedang santer berhembus di masyarakat yang dituduhkan kepada warga masyarakat luar yang hendak berjualan di dalam wilayah Desa Ansolok, dikarenakan pada saat ditanyai identitas diri yang bersangkutan tidak dapat menunjukkan.

Fiqri menceritakan kejadian berawal sekitar pukul 09.00 Wib, salah seorang warga Desa Ansolok menjumpai salah seorang pedagang obat Herbal yang berkeliling Desa menjajakan barang dagangannya, dikarenakan pedagang tersebut terasa asing maka warga meminta pedagang tersebut untuk menunjukkan identitas dirinya

“karena pada saat dimintai identitas diri oleh warga yang bersangkutan tidak dapat menunjukkan maka timbullah kecurigaan warga bahwa orang tersebut adalah pelaku penculikan, kemudian orang tersebut diamankan ke kantor Desa yang kemudian dibawa ke Polsek Mempawah Hulu untuk diamankan” kata Bripka Fiqri Hambali.

Setelah dilakukan Introgasi oleh pihak kepolisian terhadap pedagang tersebut dan didapati hasil bahwa orang yang dicurigai tersebut murni pedagang, maka sekira jam 11.00 Wib. Bhabinkamtibmas Desa Ansolok mempertemukan masyarakat Desa Ansolok yang didampingi Sekdes Desa Ansolok dengan warga yang diduga sebagai pelaku penculikan di Aula BKPM Polsek Mempawah Hulu guna menyampaikan bahwa kecurigaan warga tersebut tidak benar adanya dan di capai kesepakatan diselesaikan secara musyawarah. Setelah ada kesepakatan, Bhabinkamtibmas membuat surat kesepakatan bersama yang ditandatangani kedua belah pihak dan disaksikan oleh 2 orang saksi dihadapan Bhabinkamtibmas.

Ditempat terpisah Kapolsek Mempawah Hulu IPTU Narko Deantoro mengucapkan terima kasih kepada Warga Desa Ansolok yang tidak main hakim sendiri dan menyerahkan segala permasalahan kepada pihak Kepolisian.

Penulis: Fiqri Hambali
Editor: Umi Fadillah / Sugeng HS
Publish: Cucu safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password