Kapolsek Wangon Banyumas Ikuti Upacara Jaro Rajab

WhatsApp Image 2017-04-25 at 09.41.32

Tribratanews.polri.go.id, Polres Banyumas – Jaro Rajab adalah ritual yang dilakukan secara turun-temurun oleh jamaah Islam Aboge setiap memasuki bulan Rajab. Kegiatan tersebut dilaksanakan di sekitaran wilayah Masjid Saka Tunggal Cikakak Kec. Wangon Kab. Banyumas.

Anggota Polsek Wangon, Polres Banyumas, Polda Jawa Tengah dipimpin langsung oleh Kapolsek menghadiri dan mengikuti prosesi Upacara Jaro Rajab, Senin (24/4/17).

Kapolres Banyumas AKBP Azis Andriansyah, S.H., S.I.K., M.Hum melalui Kapolsek Wangon AKP Supriyanto, S.H mengatakan bahwa hadirnya kita ditengah acara kemasyarakatan sembari memberikan rasa aman kepada lingkungan sekitar.

“Makna dari Jaro Rajab yaitu suatu amalan di Bulan Rajab, agar para penganut Islam Aboge dalam satu tahun dapat berkumpul dan memperbaiki hidup baik yang ada diluar maupun batinnya yang lebih dikenal dengan ritual Jaro Rajab.”, ujar Kapolsek.

Dilambangkan dengan memperbaiki jaro (pagar) disekitar Masjid Saka Tunggal yang dilakukan oleh seluruh jamaah secara bergotong-royong.

Pagar lama diganti dengan pagar yang baru dengan menggunakan kayu atau bambu yang didapat dari pemberian para jamaah.

Disamping memperbaiki Jaro (pagar), para jamaah juga kondangan dalam arti memberikan sumbangan berupa beras, sayuran atau makanan kepada tiga juru kunci disekitar wilayah Masjid Saka Tunggal Cikakak.

Penulis : Sardjoko Humas Polsek Wangon

Editor : Umi Fadilah

Publish : Frismi Zusyi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password