Polres Tomohon Amankan Jalannya Pemilihan Hukum Tua di 6 Desa

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulut – Sebanyak 6 desa di 3 kecamatan di Kabupaten Minahasa yang masuk wilayah Hukum Polres Tomohon melaksanakan pesta demokrasi yaitu pemilihan Hukum Tua (Kepala Desa), pada hari Selasa (25/4/2017).

Keenam desa tersebut masing-masing, Desa Leilem dan Desa Tounelet yang masuk dalam Kecamatan Sonder, 3 desa di Kecamatan Tombariri yaitu Desa Tambala, Desa Borgo dan Desa Mokupa, serta Desa Lemoh di Kecamatan Tombariri Timur.

Sebanyak 126 Personil Polres Tomohon sudah diploting untuk mengamankan jalannya pesta demokrasi tersebut. “126 Personil ini sudah tertuang dalam Surat Perintah Kapolres Tomohon AKBP Monang MZ Simanjuntak SIK dan sejak 24 April 2017 Sekira Jam 12.00 WITA, kotak suara dari Tondano sudah berada di Polsek Sonder dan Polsek Tombariri untuk kemudian diamankan dan seterusnya akan di salurkan ke desa masing-masing pada hari H,” jelas kabag Ops Polres Tomohon Kompol Thonny Salawati.

IMG-20170425-WA0038

Pihaknya juga telah menyiagakan 1 peleton Dalmas di Polsek Sonder, 1 peleton di Polsek Tombariri serta Tim Khusus sebagai power on hand yang disiapkan oleh Polres untuk membackup 2 polsek yang melaksanakan pengamanan pemilihan Hukum Tua.

Terpantau sejak pukul 05.00 WITA, Selasa (25/4), seluruh personil yang melaksanakan pengamanan TPS sudah berada di Polsek Sonder dan Polsek Tombariri.

Menurut Paur Humas Polres Tomohon Ipda Johny Kreysen, setiap desa ada 1 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan Polres Tomohon menyiagakan 4 personil yang dipimpin seorang perwira yang standby untuk persiapan pengawalan kotak suara ke lokasi TPS sekira pukul 07.00.

Kapolres Tomohon AKBP Monang MZ Simanjuntak SIK, Waka Polres Tomohon Kompol Dewa Made Palguna SH, SIK, bersama pejabat polres melaksanakan patroli pemantauan di 3 kecamatan.

Kapolres menyambangi setiap TPS dan menyampaikan kepada personil pengamanan agar jangan lengah dalam tugas. “Harus selalu memastikan setiap gerakan-gerakan yang mencurigakan, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, ketika kita tidak tanggap membaca situasi dan kondisi masyarakat, maka pertikaian tidak akan terhindarkan. Jadi polisi yang ditugaskan di TPS, saya tegaskan kembali untuk tidak apatis tetapi siaga penuh,” tegas Kapolres.

Penulis: Pri
Editor: Umi Fadillah
Publish: Pri

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password