Kapolres Karanganyar Irup HUT Satpam ke 36

dscn2142

Polda Jateng-Kapolres Karanganyar AKBP Ade Safri Simanjuntak, SIK, MSi menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada perayaan hari ulang tahun (HUT) satuan pengamanan (Satpam) ke-36 yang dilaksanakan di lapangan Upacara Mapolres Karanganyar , Jumat (30/12/2016). Upacara ini dihadiri Muspida Kabupaten Karanganyar, Waka Polres Karanganyar, Komisaris Polisi Prawoko, SE , sejumlah perwira, pimpinan perusahaan dan pimpinan pengelola badan usaha jasa pengamanan.

Kapolres mengatakan, pada HUT ini sebagai momentum untuk melakukan evaluasi dan introspeksi atas seluruh kinerja yang telah dilakukan, guna dijadikan pedoman bagi upaya perbaikan dan penyempurnaan dalam rangka mengoptimalkan peran satpam sebagai mitra polisi. Dikatakan, kiprah satpam memiliki peran penting dalam mendukung pelaksanaan tugas Polri memilihara stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Dalam implementasinya di Indonesia, pengamanan swakarsa dilaksanakan oleh masyarakat dalam bentuk ronda kampung yang kemudian diatur sebagai sistem keamanan keliling (Siskamling).

Untuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya keamanan masyarakat, serta dalam rangka mempersatukan arah dan tujuan penyelenggaraan kegiatan pengamanan internal pada lingkungan kerja masing-masing, maka berdasarkan surat keputusan (SK) Kapolri No.Pol : SKEP/126/XII/1980 tanggal 30 Desember 1980, ditetapkanlah pola pembinaan satpam yang hingga saat ini diperingati sebagai hari terbentuknya satpam Indonesia.

“Saya menilai berbagai upaya yang dilakukan dalam rangka meningkatkan kompetensi personel satpam melalui pemberian pelatihan untuk melakukan tindakan kepolisian terbatas, menjaga keselamatan dan memilihara keamanan lingkungan kerja,” ujarnya.

Selain itu, melalui kewenangan kepolisian terbatas yang dimiliki, para personel satpam telah berperan aktif dalam mengamankan pelaku kejahatan, memberikan informasi terkait tindak pidana ataupun gangguan kamtibmas lainnya.Serta melaksanakan patroli guna menjamin terciptanya rasa aman di lingkungan kerja.

Usai upacara tersebut dilaksanakan peragaan pemahaman kebakaran dengan APAR dan beladiri yang diperagakan oleh personel Satpam binaan Sat Binmas Polres Karanganyar pimpinan Kasat Binmas, AKP Sutami SH.

[Iswan – Humas Polres Karanganyar]

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password