Polsek Wangon Banyumas Amankan Festival Rewanda Bujana 2017

Tribratanews.polri.go.id, Polres Banyumas – Festival Rewanda Bujana Cikakak adalah kegiatan memberi makan kera di Komplek Masjid Saka Tunggal Desa Cikakak Kec. Wangon Kab. Banyumas.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh masyarakat sekitar Desa Cikakak bersama Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyumas.

Untuk Festival Rewanda Bujana tahun ini dilaksanakan pada hari Minggu, 23 April 2017 bertempat di Komplek Masjid Saka Tunggal Desa Cikakak Kecamatan Wangon Kab. Banyumas.

Kapolres Banyumas AKBP Azis Andriansyah, S.H., S.I.K., M.Hum melalui Kapolsek Wangon AKP Supriyanto, S.H mengatakan bahwa Festival Rewanda Bujana adalah salah satu kegiatan ritual budaya.

“Tidak hanya sekedar memberi makan kepada Kera, akan tetapi makna yang terkandung yaitu agar manusia dapat menjadi penyeimbang antara alam dengan mahluk hidup lainya.”, ujar Kapolsek.

Setiap tahun penyenggaraan Festival Rewanda Bujana selalu dilakukan pembenahan, dibuktikan pelaksanaan kali ini semakin tertata sehingga dapat menarik pengunjung yang makin banyak dibanding tahun lalu.

Hadir dalam acara tersebut diantaranya Bupati Banyumas Ir. Ahmad Husen serta pejabat Pemerintah Kabupaten Banyumas, Kapolres Banyumas AKBP Azis Andriyansyah, unsur Forkompimkec Wangon serta para Kepala Desa se-Kecamatan Wangon dan tokoh masyarakat Desa Cikakak.

Festival Rewanda Bujana dibuka dengan tarian tradisional dari siswa-siswi SD Negeri 3 Cikakak, dilanjutkan sambutan dari Bupati Banyumas Ir Ahmad Husein.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung aktif sehingga acara Ferstival Rewanda Bujana tahun ini dapat dilaksanakan dengan lebih ramai, semoga dapat memberi pengaruh yang positif kepada lingkungan disekitarnya. Sebelumnya kera-kera hanya dipandang selalu menimbulkan keresahan, kedepan akan menjadi unggulan kunjungan wisata yang akan menambah inkam kepada lingkungan. Dan yang utama lagi adanya kehidupan yang saling mengasihi antar sesama makhluk ciptaan Tuhan, sehingga  nampak sinergi penyatuan antara unsur alam, hewan dan sumber daya disekitar lokasi tersebut.”, ucap Bupati.

Adapun Tema Festival Rewanda Bujana tahun ini yaitu ‘Sinerginya alam dengan sentuhan tangan, memberikan manisnya sebuah pergumulan’.

Dalam akhiran acara Festival Rewanda Bujana kali ini, Bupati Banyumas didampingi Kapolres Banyumas mengarak semua gunungan makanan ke lokasi kera, diiringi seluruh tamu undangan.

Sesampainya dilokasi semua makanan disajikan kepada kera-kera di sekitar Masjid Saka Tunggal Cikakak Wangon Banyumas.

(Sardjoko Humas Polsek Wangon/PID Promoter Humas Polres Banyumas)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password