Polres Wonosobo : Ini Cerita Beratnya Evakuasi Pendaki Yang Tersambar Petir

WhatsApp Image 2017-04-24 at 15.18.02

Tribratanews.polri.go.id, Wonosobo – Polres Wonosobo melakukan evakuasi terhadap 11 orang pendaki yang tersambar petir di wilayah Gunung Prau, Dieng, Kejajar Wonosobo, Minggu (24/4) malam. Puluhan anggota polisi dan anggota SAR di berangkatkan untuk membawa ‘turun’ para korban ke basecamp terdekat. Jumlah korban meninggal dunia yang mencapai 3 orang dan korban luka 2 orang ditambah medan yang ekstrem semakin menyulitkan evakuasi. Bahkan petugas harus secara bergantian menggendong korban luka karena tandu yang dibawa sudah digunakan untuk mengangkut jenazah.

Kapolres Wonosobo AKBP Muhammad Ridwan, S.I.K. melalui Kasubbag Humas AKP Agus Priyono, S.H. yang memimpin langsung proses evakuasi menyatakan pihaknya mulai melakukan evakuasi sekitar pukul 17.00 Wib. “Kabar tentang kejadian itu memang agak terlambat karena lokasi yang cukup sulit terjangkau. Kendaraan roda 2 bahkan roda 4 tidak bisa menjangkaunya dan hanya sampai di titik Basecamp 2. Unutuk mencapai lokasi harus dengan berjalan kaki lebih kurang 3 jam,” katanya.

“Hingga akhirnya, kami bersama personel SAR harus menyusuri jalur pendakian menuju TKP. Kondisi cuaca yang gelap ditambah kabut yang mulai turun sangat menyulitkan. Hingga akhirnya pada pukul 19.00 Wib evakuasi baru bisa kami lakukan tuntas,” ujar AKP Agus.

Semua korban baik terluka maupun meninggal dunia kemudian dibawa menggunakan ambulans yang telah disiagakan di Basecamp 2. Para korban kemudian dibawa ke RSUD Setjonegoro untuk mendapatkan perawatan. “Kami juga berupaya menghubungi pihak keluarga korban yang meninggal dunia,” terang Kasubbag Humas.

WhatsApp Image 2017-04-24 at 15.26.08

Seperti diberitakan sebelumnya, 11 orang pendaki gunung asal Jakarta tersambar petir saat mendaki Gunung Prau, Dieng Kejajar Wonosobo. 3 orang meninggal dunia di TKP, 2 luka dan 6 lainnya mengalami trauma. Korban meninggal DEDEN HIDAYAT MAULANA (31 Th) Warga Kota Depok, ADITYA AGUNG DARMAWAN (30 Th) Warga Duren Sawit Jakarta dan ADI SETIAWAN (31 Th) warga Duren Sawit Jakarta. Sedangkan yang mengalami luka adalah SYAIFUL ULUM (35 Th) warga Klender Jakarta serta Danang (28 Th) warga Cipinang Jakarta.

Para korban tersambar petir saat mendaki Gunung Prau Dieng kejajar Wonosobo pada Minggu, (24/4) sekitar pukul 14.30 Wib. Para korban kemudian dievakauasi Personel Polres Wonosobo dan Tim SAR ke RSUD Setjonegoro Wonosobo.

Penulis  :  Rahmad ZaZg

Editor  : Umi Fadilah

Publish : By Nanang

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password