Polres Jeneponto Berhasil Ungkap Peredaran Pupuk Palsu

Tribratanews.polri.go.id – Jeneponto Sulsel, Unit tindak pidana tertentu (Tipiter) bersama unit khusus Sat. Reskrim Polres Jeneponto mengamankan sedikitnya 53 dos pupuk NPK palsu merek POPPRO di toko Karya Tani milik lk. Fahrul di Kabupaten Jeneponto, Minggu (23/4) Sekira pukul 10.00 Wita.

Menurut keterangan lk. Fahrul bahwa pupuk tersebut dibeli dari lk. Mansyur yang mengaku berasal dari Kabupaten Gowa. Menurutnya (Fahrul), dia mulai membeli pupuk tersebut dari lk. Mansyur sejak Januari 2017 sampai sekarang April 2017 dan sudah banyak yang terjual kepada ptani di Kabupaten Jeneponto.

Selain itu, sekira pukul 11.00 wita, diamankan juga pupuk non subsidi (tidak terdaftar/oplosan) sebanyak 15 dos pupuk cair (yg isinya 10 jregen kecil dan stiap jregen berisi 2 liter) yang hendak diperdagangkan tak sesuai peruntukkannya di wilayah Kabupaten Jeneponto.

Pupuk yang diamankan bermerek pupuk cair Bio Organik Turatea ini disita dari PT. CV TIARA SYAM dengan nama pemilik lk. Muh. Ali dg. Pappa warga jalan pelita lorong 1, kelurahan Empoang, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto.

Menurutnya (Muh. Ali dg. Pappa) bahwa pupuk oplosan cair bio organik dibuat dari air kencing hewan, EM/4, temulawak, kunyit, lengkuas, gula merah, dan air bersih. Untuk pupuk cair akan di jual 1 liter dengan harga Rp. 50.000, untuk pupuk cair produksi n edar sdh berlangsung sejak tahun 2013 smpsi skrg.

Penyitaan pupuk bersubsidi oplosan ini berawal dari informasi masyarakat karena kegiatan produksi pupuk cair oplosan ini tanpa izin produksi dan izin edar dari instansi yang berwenang. Saat ini CV. TIARA SYAM sudah diberikan police line guna penyelidikan lebih lanjut.

Penulis : Sumarwan
Editor : Umi Fadilah
Publish : Sumarwan

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password