Kabid Keungan Polda Bali Terinspirasi dari Jiwa R.A Kartini

Tribratanews.polri.co.id – Polda Bali, Raden Ajeng Kartini merupakan salah satu pahlawan nasional, sebagai pelopor kebangkitan kaum perempuan Indonesia. Raden Ajeng Kartini merintis jalan perjuangan perempuan Indonesia lewat pemikiran yang maju. Pahlawan nasional yang lahir tanggal 21 April 1879 ini, resah dengan keadaan perempuan yang selalu ditindas kaum laki-laki. Mereka tidak bisa membuat pilihan atas jalan hidupnya sendiri. Padahal, setiap perempuan berhak untuk memiliki kesempatan yang sama dengan laki-laki.

Dalam perjuangannya masih banyak persoalan dan dinamika yang mengiringi derap langkah kaum perempuan Indonesia. Namun, saat ini keadaan sudah jauh lebih baik. Perempuan Indonesia bebas berkarya diberagam bidang dan menjalani hidup sesuai keinginannya sendiri. Hal inilah yang menginsiprasi Kombes Pol. Sukarmiyati, S.E., M.M. untuk menjadi wanita tangguh dan berprestasi seperti sekarang ini. Pejabat Utama Polda Bali yang menduduki posisi Kepala Bidang Keuangan (Kabidkeu) ini mengatakan sosok R.A Kartini telah banyak menginspirasi untuk menjadi seperti sekarang ini. “Tanpa Ibu Kartini saya tidak bisa menjadi sekarang ini,” ujar perwira menengah kelahiran Surabaya tahun 1959 ini.

Kombes Pol. Sukarmiyati, S.E., M.M. mengatakan, selama 32 tahun berkarier di Kepolisian, tidak pernah mendapat diskriminasi dan selalu mendapat kesempatan yang sama dengan laki-laki. Hal ini tidak terlepas dari kegigihan R.A Kartini di masa lalu utnuk membuat wanita sederajat dengan laki-laki. “Saya bersyukur, karena Ibu Kartini yang membuat kami mendapat keleluasaan dan kebebasan berprestasi dalam berkarier,” kata Kombes Pol. Sukarmiyati, S.E., M.M. saat ditemui di ruang kerjanya, Jum’at (21/4).

Perwira tiga melati di pundak ini merupakan atlet nasional dibidang atletik sebelum masuk dan berkarier di Kepolisian. Mulai tahun 1974 hingga 1984 sudah mengikuti berbagai kejuaraan atletik di Indonesia maupun di luar negeri. “Saat itu saya merupakan atlet atletik dari Jawa Timur yang berprestasi,” jelasnya. Ini ditunjukkan dari beberapa kejuaraan nasional hingga Pekan Olahraga Nasional (PON) yang diikuti selalu mendapatkan medali emas. Selanjutnya direkrut oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) untuk mengikuti Sea Games dan mulai ikut bertanding dari tahun 1977 hingga 1983 di Philipina dan Singapura. “Jadi itu awal Indonesia ikut di Sea Games dan saya menjadi salah satu atlet atletiknya,” kenangnya.

Meski masuk dengan jalur atlet berprestasi ketika mandaftar di Kepolisian, Kombes Pol. Sukarmiyati, S.E., M.M. mengaku menjalani tes seleksi sama dengan calon polisi lainnya. Seluruh tes seleksi dijalani tanpa ada hambatan, hingga akhirnya lulus sebagai perwira pada tahun 1985. Selama berdinas di Kepolisian, lebih banyak dihabiskan di Jakarta, namun sempat ditugaskan di Sumatera Selatan dan Bali. “Ini pertama kali saya ditugaskan di Bali, dan saya akan pensiun Desember nanti,” terangnya.

Penulis :  I Ketut Bina Wartawan

Editor   : Umi Fadilah

Publish : I Putu Suwardhana.M

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password