Bhayangkari Way Kanan Lampung Ceramah Kesehatan Tentang Bahaya Kanker Serviks

Tribratanews.polri.go.id – Polres Way Kanan, Sementara di waktu yang sama, bhayangkari cabang way kanan juga melaksanakan kegiataan ceramah kesehatan tentang bahaya kanker serviks bagi wanita dihadapan ibu-ibu bhayangkari dengan menghadirkan dokter umum ialah dr Farida indah lestari dari bhayangkari ranting polsek rebang tangkas dan Dr. Ema Elyana bhayangkari ranting polsek bahuga, Sabtu (22/4.)

WhatsApp Image 2017-04-23 at 11.05.39 (1)

Ketua bhayangkari cabang way kanan  Ny. Yenny Yudy Chandra mengatakan meskipun seorang dokter, mereka tidak meninggalkan kewajibannya, mereka tidak mengeluh dan tetap bisa membagi waktu antara keluarga dan pekerjaan dan sebagai seorang istri yang selalu setia mendampingi dimanapun suaminya bertugas & mampu menjaga kehormatannya. Sebagai seorang ibu yang mampu mengasuh anak-anaknya dengan penuh kasih sayang jika sebagai seorang dokter mereka mengabdi dan memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan yang kurang mampu walaupun berdinas di daerah yang jauh dari kota.  Diharapakan  dapat menyimak paparan para dokter sekaligus juga sebagai ibu bhayangkari  tentang kesehatan pada kesempatan ini,” Tuturnya.

WhatsApp Image 2017-04-23 at 11.05.39 (4)

Dr. Farida Indah Lestari didamping Dr. Ema Elyana  sebagai dokter umum  menjelaskan mengenai Kanker serviks adalah kanker yang muncul pada leher rahim wanita. Leher rahim sendiri berfungsi sebagai pintu masuk menuju rahim dari vagina. Semua wanita dari berbagai usia berisiko menderita kanker serviks. Tapi, penyakit ini cenderung memengaruhi wanita yang aktif secara seksual.

Pada tahap awal, kanker serviks biasanya tidak memiliki gejala. Gejala kanker servik yang paling umum adalah pendarahan pada vagina yang terjadi setelah berhubungan seks, di luar masa menstruasi atau setelah menopause. Meski terjadi pendarahan, belum berarti menderita kanker serviks. Untuk memastikan penyebab kondisi  bisa dilakukan pemeriksaan, segera tanyakan kepada dokter spesialis dibidangnya, dianjurkan kepada ibu bhayangkari yang hadir untuk menghindari langkah awal lakukan vaksin HPV secara 3 tahun sekali namun vaksin lengkap bukan secara pentahap sesuai tipe vaksin HPV sebab akan menentukan pengobatan tersebut .

WhatsApp Image 2017-04-23 at 11.05.39 (5)

Meski tidak ada satu cara khusus untuk melakukan pencegahan terhadap kanker serviks. Tapi masih ada beberapa cara untuk mengurangi risiko terkena kanker ini.” Ungkap dr. Ema Elyana

Penulis : Adi Pranoto W

Editor   : Umi fadilah

Publish:  Oto Adi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password