Pertolongan Pertama Penumpang yang Jatuh Pingsan

Tribratanews.polri.go.id – Polres Pelabuhan Tanjung Priok |

Bhabinkamtibmas Polsek kawasan sunda kelapa polres pelabuhan tanjung priok Aiptu Gatot.s melaksanakan kegiatan sambang dengan melakukan pelayanan di dermaga Dishub Kaliadem muara angke, sabtu 22 april 2017.

Aiptu Gatot memberikan pelayanan di dermaga Dishub Kaliadem tidak bukan adalah mengenai wisatawan yang ingin berlibur menikmati keindahan alam yang berada di pulau seribu dengan membantu masyarakat menaiki kapal, membantu mengingatkan penumpang agar menjaga keselamatan, serta mengingatkan kepada kru kapal untuk memberikan instruksi kepada para penumpang kapal untuk selalu menjaga keamanan demi keselamatan.

Pada saat sedang memberikan pelayanan seperti biasanya, Aiptu Gatot mendapati salah seorang wisatawan yang jatuh pingsan atau tidak sadarkan diri di depan pintu masuk pemeriksaan tiket kapal di pelabuhan Dishub kaliadem tersebut. Noval, laki-laki berusia 18 tahun rombongan dari madrasah aliyah Negeri I bekasi yang berencana akan berwisata ke pulau tidung bersama rekan rekannya sebanyak 300 orang.

IMG-20170422-WA0018

Aiptu Gatot yang melihat kejadian tersebut mengambil tindakan pertama dalam melakukan pertolongan kepada saudara Noval.Di dampingi oleh guru pendamping dan dengan ilmu yang ia dapati di kepolisian dan ilmu pengetahuan seadanya tentang menangani orang yang sedang pingsan (tidak sadar) ia perlahan melakukan pertolongan seperti memakaikan wewangian seperti minyak angin, mengendurkan bagian pakaian yang sesak seperti ikat pinggang dan melepaskan sepatu.

Tak lama berselang, Saudara Noval perlahan mulai tersadar, Aiptu Gatot pun memberikan air untuk diminum kan kepada Noval, setelah beberapa saat kesadaran nya mulai pulih, Aiptu Gatot menanyakan kepada saudara Noval apakah ia bisa melanjutkan perjalanan atau ingin mendapatkan perawatan? seketika Noval menjawab agar kiranya tidak perlu dan ia bisa melanjutkan perjalanan wisata nya bersama rombongan.

Gatot tak lupa mengingatkan kepada guru pendamping wisata rombongan madrasah aliyah negeri I bekasi tersebut untuk selalu memperhatikan apabila kejadian seperti tadi terulang kembali agar segera di berikan pertolongan dan dilaporkan kepada petugas kapal apa bila kapal sedang berlayar. Tak lupa Gatot mengucapkan selamat berlibur kepada para rombongan semoga selamat sampai tujuan dan menikmati liburan nya. “Pungkasnya”.

Penulis    : Harun Arrasyid

Editor      : Umi Fadilah

Publish    : Harun Arrasyid

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password