Polres Bangkalan Beri Pelatihan Jurnalistik Kepada Personil Humas

Tribratanews.polri.go.id – Polres Bangkalan, Sabtu (22/4/2017) pukul 08.00 Wi Kapolres Bangkalan AKBP Anissullah M.Ridha, SIK, SH, MH membuka pelatihan bagi seratus personil gabungan anggota Polres Bangkalan dan Polsek jajaran diberi pelatihan Jurnalistik menghadirkan empat narasumber yang dilaksanakan diruang serba guna di mako Polres Bangkalan.

Narasumber pertama menghadirkan Pimpinan Redaksi (pimred) Jawa Pos Radar Madura yang diwakili oleh bp. Sugianto. Dalam penyampaian materinya, ia menjelaskan tentang penekanan isi berita seyogyanya mempedomani rumus 5W+1H, artinya harus menjawab kata What (apa yang terjadi), Where (dimana tempat kejadian), When (kapan peristiwa terjadi), Who (siapa), Why (mengapa bisa terjadi dan How (bagaimana bisa terjadi).

Peserta Pelatihan Jurnalistik Polres Bangkalan
Peserta Pelatihan Jurnalistik Polres Bangkalan

Narasumber kedua yakni Mustofa Bisri, wartawan dari media Tempo menjelaskan bahwa, “menulis berita jangan dipengaruhi perasaan emosi atau marah, karena hal tersebut akan mengundang opini pribadi. Disarankan penulis supaya istirahat sejenak bila perlu ngopi dahulu dan jika sudah tenang bisa lanjut menulis lagi, “ujarnya.

Untuk materi cara memilih foto dokumentasi yang baik untuk berita disampaikan oleh Doni Herianto wartawan Times Indonesia, dijelaskannya bahwa penulis harus mampu memilih atau mengambil foto dengan kamera pada posisi lanscape bukan posisi berdiri. Jika pengambilan foto menggunakan kamera handphone, maka posisi hp harus pada posisi tidur bukan berdiri agar hasil fotonya menjadi lanscape. Namun foto untuk berita wajib foto yang hidup artinya yang ada orangnya, tapi bukan pula orang yang difoto sengaja dengan posisi mejeng.

Materi terakhir disampaikan oleh Agung Firdausi seorang Netizen menyampaikan arti pentingnya sikap bijak menggunakan media sosial dalam kaitannya menyikapi banyaknya tanggapan masyarakat terkait dengan aktifitas Polri khususnya di wilayah hukum Polres Bangkalan. Ia juga menekankan bahwa tanggungjawab menjaga citra Polri bukan menjadi tanggungjawab Humas, tapi seluruh personil Polri wajib menjaga citra Polri.

Penulis : Bidarudin

Editor : Umi Fadilah

Publish : Nenny Sasongko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password