E Tilang di Bangkalan : KBO Satlantas Sosialisasi kepada Pemohon SIM

Tribratanews.polri.go.id – Polres Bangkalan, Menindaklanjuti program Promoter Kapolri, Koorlantas Polri membuat suatu sistem tentang penyempurnaan tilang yaitu dengan membentuk aplikasi tilang berbasis elektronik dengan sebutan E-Tilang.

Pelaksanaan tilang online/E-Tilang sebagai upaya terbentuknya kesadaran dan kepatuhan hukum di masyarakat. Hal ini menunjukkan, aspek pembudayaan hukum menjadi prioritas tersendiri dalam reformasi hukum dan Polri mampu bekerja secara professional dan proporsional dalam memberikan pelayan kepada masyarakat.

Menindaklanjuti kebijakan tersebut, agar bisa segera diterapkan, Satlantas Polres Bangkalan dalam sepekan ini gencar mensosialisasikan cara kerja aplikasi E-Tilang ke seluruh lapisan masyarakat, termasuk di jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Bangkalan.

Kasat Lantas Polres Bangkalan AKP Inggit Prassetyanto SH melalui KBO (Kaur Bin Ops) Ipda Mansyur, SH saat sosialisasi menyampaikan, ” Tujuan tilang online ( E-Tilang) yaitu mempercepat proses pelayanan kepada pelanggar lalu lintas dan untuk menghindari terjadinya pungli di lapangan yang dilakukan oleh anggota Kepolisian, Kejaksaan dan Pengadilan, ” Terangnya.

“Guna meminimalisir praktik pungutan liar (pungli) di jalan raya, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan segera meluncurkan aplikasi e-tilang. Aplikasi ini bisa memproses tilang secara online sehingga pengendara yang melanggar di jalan raya tidak perlu lagi menjalani proses sidang di pengadilan yang rawan praktik pungli,” jelasnya saat di Satpas Polres Bangkalan, Jumat (21/4/2017).

Penerapan Aplikasi E Tilang sangat  mudah dan sederhana yaitu cukup bayar di Bank BRI sesuai besaran denda yang dilanggar, setelah bayar menggunakan mobile banking atau ATM, struknya bisa digunakan mengambil STNK atau SIM yang disita petugas.

Sementara itu Kasubbag Humas Polres Bangkalan AKP Bidarudin, SH mengatakan, “Cara kerja E Tilang sendiri layaknya sidang di tempat, dalam mekanisme aplikasi juga dilibatkan Kejaksaan dan Pengadilan. Kendati demikian di setiap daerah memiliki kisaran denda yang berbeda dan telah disiapkan perencanaan denda yang disesuaikan dengan daerah masing-masing, Terangnya

Penulis : Nenny Sasongko

Editor : Umi Fadilah

Publish : Nenny Sasongko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password