Presiden RI Ir. Joko Widodo Meresmikan Pasar Klewer Solo

Tribratanews.polri.go.id.Polresta Surakartas. Rangkaian Kunjungan Kerja Presiden RI Ir. Joko Widodo ke Solo hari Jumat tanggal 21 April 2017 pukul 10.30 s.d 11.15 Wib Meresmikan Pasar Rakyat Klewer yang bertempat Jl Radjiman Kauman Pasar Kliwon Surakarta. Kegiatan utama adalah peresmian Pasar Rakyat Klewer dan Pencanangan Economy Policy yang di selenggarakan oleh Dinas Perdagangan Pemkot Surakarta dengan penanggung jawab bapak Subagyo Kepala Dinas Pasar Pemkot Surakarta.
Dalam Peresmian ini Presiden  di dampingi :
1. Ibu Negara Iriana Jokiden RI di dampingio Widodo
2.Ibu Mufidah Yusuf Kalla Ibu Wakil Presiden RI.
3.Enggartiasto Lukita Menteri Perdagangan RI.
4.Darmin Nasution Menteri Koordinator Perekonomian RI
5.Rini Sumarno Menteri BUMN RI
6.Siti Nurbaya Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.
7.Sofyan DJalil Menteri Agraria dan Tata Ruang RI
8.Teten Masduki Kepala Staff Kepresidenan
9. Darmansyah Djumala Kepala sekretariat Presiden
10.Ibu Ibu OASE ( Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja RI)
11.Irjen Pol Condro Kirono Kapolda Jawa Tengah
12.Mayjend TNI Tatang Sulaiman Pangdam IV/Diponegoro
13.Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah
14.FX Hadi Rudyatmo Walikota Surakarta
15.AKBP Ribut Hari Wibowo Kapolresta Surakarta.
16.Kol TNI Maruli Simanjuntak Danrem 074/Warastratama.

Dalam peresmian ini sebagai tuan rumah adalah Gubernur  Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan dalam sambutanya  mengatakan :
– Pagi ini adalah waktu yang di tunggu masyarakat Solo karena Pasar yang di banggakan sudah jadi mentereng, sehingga pedagang sekarang sudah tenang karena pasar sudah jadi ,semoga rejeki menjadi lancar.
– Di Jawa Tengah ada beberapa pasar yang mirip pasar Klewer seperti pasar Johar di Semarang,di Wonosobo,di Purbalingga dan pasar pasar lain nya yang perlu segera di bangun karena mengalami musibah kebakaran,pasar ini penting karena yang menggerakkan ekonomi rakyat.
– kita harapkan pasar yang mulai baik dan terbangun rapi karena ada sinergi dari Pemkot, pedagang dan BUMN yang baik .Sekarang yang di butuhkan pedagang adalah bantuan pinjaman modal dengan suku bunga rendah.kita harapkan pedagang dapat kemudahan dalam mendapat kredit murah supaya tidak terjerat rentenir.
– Saya perintahkan tidak hanya bank-bank yang besar bisa masuk ke pasar Klewer namun saya juga berharap BKK juga bisa andil dengan bunga yang rendah yaitu 0,75 persen,jadi biar pedagang tidak terjerat dengan bank remtenir.
– Kami berharap pedagang bisa fight dan berjaya kembali seperti dahulu sebelum terbakar.

Sementara Enggartiasto Lukita Menteri Perdagangan RI menegaskan
– Sungguh merupakan kebanggan bagi kita di tengah kesibukan bapak Presiden namun masih bisa menyempatkan waktu guna meresmikan pasar ini.
– Pasar Klewer di bangun dengan dana sebesar 157,8 M yang di ambil dari APBD tahun anggaran 2016 maupun luar.
– Penghargaan kami sampaikan kepada Walikota beserta Pemkot dan pedagang Klewer yang sudah membangun kembali pasar Klewer dengan berjalan baik dan damai tanpa ada gejolak seperti teladan bapak Presiden laksanakan ketika menjadi Walikota kuncinya adalah rakyat bisa bahagia apabila keluhannya dan pendapatnya bisa di dengar pemerintah.
– Perlu kami sampaikan bahwa dahulu ada pedagang emper sekarang di pasar baru ini mereka kami beri tempat di lantai dua sehingga semua merasa mendapat keadilan.
– Surakarta punya pasar yang ramah kepada kaum difabel yaitu pasar Gading ,pasar Tanggul dan pasar Gilingan , pasar-pasar tadi juga di bangun ketika bapak Presiden masih menjabatwalikota Surakarta.
– Pada saat bertemu Walikota saya bertanya kenapa pasar di resmikan tanggal 21 April karena hari ini jatuh pada Jumat Legi yang berfilosofi pandai bersyukur dan senantiasa merasa berkecukupan dan orang lahir jumat legi cocok jadi wiraswasta dan pengusaha.Selain itu hari kartini hari pembebasan habis gelap terbilah terang setelah gelap karena kebakaran dan sekarang menuju terang setelah pasar jadi.
– Pasar Klewer merupakan transaksi nasional dan internasional karena omset nya 15 M per hari sehingga pasar ini mempengaruhi ekonomi daerah maupun pusat.
– Selama di bangun pasar ini pedagang tidak di pungut restribusi kepada pedagang selama menempati pasar tradisional
– Dan di pasar ini sudah di berlakukan tiga kartu yaitu E-retribusi, kartu BPJS dan kartu NPWP untuk mencatat perputaran dana dan sebagai tanda pasar ini pasar nasional dengan standart pelayanan kepada masyarakat.
– Tadi pak Walikota juga berhasil meloby bu menteri BUMN untuk bagian timur pasar akan di bangun dengan dana CSR BUMN dan sebentar lagi menyusul pembangunan Pasar Gedhe.
Semoga pasar klewer jadi jantung perekonomian di jawa tengah maupun nasional.
Puncak Acara adalah sambutan Presiden dan Penandatanganan Prasasti oleh Presiden di dampingi Gubernur Jayeng, Menteri Perdagangan dan Walikota Solo. Dalam sambutanya Presiden RI Ir. Joko Widodo mengatakan :
– Orang yang pernah ke Solo pasti tahu pasar Klewer, pasar ini sudah punya hati khusus di masyarakat bahkan sudah menjadi Icon Solo.
– Pada saat pasar klewer terbakar pak Walikota tidak pagi tidak malam selalu menanyakan bagaimana nasib pasar Klewer. Karena anggaran membangun pasar ini kembali tidak ada di APBD, selain itu anggaran dari APBN juga harus di bagi-bagi dengan daerah lain, akhirnya kami siapkan 10 persen dari APBD dan sisanya APBN .
– Dan pasar Klewer ini tidak boleh kalah dengan mall- mall besar karena pasar klewer harus jadi pasar tradisional yang modern yang di dalamnya pedagang dan pembeli merasa aman nyaman dan keramahtamaan. Selain itu pasar ini harus menjaga kualitas produk yang di jual karena produk batik yang di jual bukan hanya dari solo tapi bisa dari Sragen, Jepara , Pekalongan dsb pasar ini benar-benar menanpung produk dari rakyat
– Pasar ini selain menjual batik juga ada dagangan konveksi/garmen dengan harga terjangkau maka
yang mau kesini jangan hanya melihat tapi juga membeli.
– Dan pengalaman yang dapat saya tangkap dari para pembeli yang sudah ke pasar Klewer mereka merasa berkesan apabila belanja di Klewer.
– Revitalisasi pasar tidak hanya di pasar Klewer namun juga di laksanakan di Papua, kalau pasar yang lain belum bisa di bangun karena terbatasnya APBD.
– Pasar ini terdiri dari 1700 kios pesan saya agar di jaga di rawat bersih.kalau dahulu kabel-kabel semrawut sekarang harus rapi.
– Karena ini hari ini bertepatan dengan hari Kartini maka saya ucapkan kepada Wanita Indonesia majulah perempuan Indonesia semoga bisa memajukan Indonesia lebih baik.

DSC_0466 A
Setelah kegiatan peresmian di lanjutkan dengan peninjauan situasi di dalam pasar.

Sebelum acara peresmian pasar klewer mulai pagi harinya kegiatan di awali dengan kirab boyongan pedagang dari pasar darurat menuju pasar klewer baru,  selain itu bertempat di lantai dua pasar Klewer juga di laksanakan kegiatan pemeriksaan IVA / Pap Smear yang di selenggarakan oleh OASE dan BPJS Kesehatan dan di Hadiri Ibu Negara Selama kegiatan aman dan lancar.
Penulis  : Miun, Dewi
Editor    : Umi Fadilah
Publish : Sumarjo.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password