Dharma Shanty di Sumber Nadi  Berlangsung Aman dan Kondusif

Tribratanews.polri.go.id – Polres Lampung Selatan. Kapolres Lampung Selatan, AKBP. Dr. Adi Ferdian Saputra bersama Bupati Dr. Hi. Zainudin Hasan, M.Hum, menghadiri kegiatan Dharma Shanty Hari Raya Nyepi Tahun Caka 1939, yang digelar Parisada Hindu Dharma Lampung Selatan di Desa Sumber Nadi Kecamatan Ketapang Kabupaten Lampung Selatan, pada Rabu (19/4/2017).

Ratusan Umat Hindu yang melaksanakan Dharma Shanty dari beberapa Kecamatan yang ada di Lampung Selatan berkumpul melaksanakan kegiatan itu dengan penuh suka cita, dalam suasana penuh keakraban dan kerukunan.

Kegiatan mengangkat tema,”Dengan Dharma Shanty Hari Raya Nyepi Tahun Caka 1939, Mari Kita Tingkatkan Toleransi Antar Suku, Agama, Utuhnya Kebhinekaan, Berbangsa dan Bernegara, Demi Keutuhan serta Kemajuan Lampung Selatan dan NKRI”.

Dharma Shanty ini dihadiri oleh Wakil Ketua Dewan Pakar Bimbingan Penyuluhan Umat Parisada Hindu Dharma Pusat, Dewa Suratnaya, yang pada kesempatan itu memberikan ceramah dan wejangan-wejangan kepada umat, tentang pentingnya menjaga kerukunan, kebersamaan, mengembangkan sikap toleransi, harmonisasi dan keseimbangan, baik antar sesama umat hindu, antar umat beragama lainnya, dan dengan lingkungan alam sekitar untuk menjaga kelestariannya.

Dalam sambutannya, Bupati Zainudin Hasan mengatakan idak ada perbedaan hak dan kewajiban antara satu dengan yang lainnya. Bupati Lampung Selatan bertekat untuk memberikan  fasilitas dan manfaat yang sama kepada semua warga Lampung Selatan.

“Kalau di lingkungan komunitas muslim, pemerintah akan membangun Masjid yang bagus, maka di lingkungan umat hindu, akan dibangun Pura yang bagus, asal  jelas terdata di Pemda Lampung Selatan. Kegiatan semacam ini juga boleh dilaksanakan di gedung-gedung pertemuan yang difasilitasi oleh pemerintah daerah” ujar Bupati.

Bupati Zainudin Hasan, menambahkan bahwa, penduduk Lampung Selatan terdiri dari beragam latar belakang suku, agama, budaya. Ada orang Lampung, orang jawa, Sunda, Batak, Bali, Islam, Kristen, Hindu, dan lain-lain, semua merupakan aset kekayaan Lampung Selatan.

Kegiatan Dharma Shanty juga dihadiri Forpimda Lampung Selatan, Ketua FKUB, dan beberapa anggota DPRD Lampung Selatan.

Terkait pengamanan kegiatan, Kasubbag Humas Polres Lampung Selatan, AKP Sukarman mengatakan, kepolisian menerjunkan personil pengamanan Dharma Shanty guna memastikan kegiatan berjalan lancar.

“Jajaran Polres Lampung Selatan berupaya memberikan pengamanan kegiatan, guna memastikan kegiatan  berjalan dengan aman dan lancar, hingga akhir kegiatan berlangsung aman dan kondusif” tandas AKP Sukarman. (*)

Penulis : Suripto
Editor   : Umi Fadilah
Publish : Suripto

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password