Pengukuran Kinerja dan Pelayanan Publik dengan Indeks Tata Kelola (ITK) di Polres Bengkayang

Tribratanews.polri.go.id – Polda Kalbar.Polres Bengkayang
Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) bekerjasama dengan Kemitraan melaksanakan pengukuran kinerja dan Pelayanan Publik dengan Indeks Tata Kelola (ITK) Kepolisian di Polres Bengkayang, Kamis (20/04/2017).

Pengukuran ITK di Polres Bengkayang dilakukan oleh Tim ITK Mabes Polri dan Peneliti dampingi langsung oleh Kepala Biro Perencanaan (Karo Rena) Polda Kalbar Kombes Pol Helfi Assegaf, S.H, S.I.K. dan Kapolres Bengkayang AKBP Bambang Irawan, SIK.

Polres Bengkayang merupakan salah satu Polres dari total 70 Polres yang tersebar di 32 Polda yang diukur di seluruh Indonesia.

Setelah dua tahun sebelumnya menilai kinerja Polda, dan tahun 2016 mengukur kinerja Polres tipe rural dan urban tahun 2017 ITK melihat kualitas kinerja Polres lebih spesifik di tipe Polres Perairan, Perbatasan antar negara dan Rawan konflik.

Kombes Pol Helfi dalam sambutannya menyampaikan, ITK merupakan alat ukur yang kita tunggu-tunggu dalam rangka memetakan kinerja Polri. Mengingat pentingnya penelitian ini, sekaligus menjaga independensi Mabes Polri menggandeng Kemitraan sebagai lembaga independen yang telah berpengalaman dalam menyusun indeks.

Semenara itu, Kombes Pol Meilina menyampaikan Polri dituntut terus berbenah mewujudkan kepolisian yang Profesional, Modern dan Terpercaya. Polri sudah banyak berubah saat ini. Saatnya layanan publik Polres Bengkayang mulai memanjakan masyarakat dengan berbagai kemudahan. ITK hadir dalam rangka memastikan kualitas layanan di tingkat Polres.

“Diharapkan kepada masyarakat yang melakukan pengisian kuisioner agar di lakukan sesuai dengan fakta di lapangan janga ditutup-tutupi”, ucap Ka Tim.

Sedangkan Peneliti Kemitraan Ahmad Fawaiq Suwanan menyampaikan aspek metodologi dan kelebihan ITK dibandingkan alat ukur kinerja yang lain. Dimana ITK menggunakan gabungan data objektif (sekunder) dari sembilan satuan fungsi, data persepsi masyarakat, observasi layanan publik dan wawancara mendalam dengan Kapolres. Gabungan berbagai pendekatan penelitian tersebut harapannya akan menggambarkan secara utuh potret kinerja Polres.

Kegiatan ini melibatkan seluruh pejabat utama Polres Bengkayang, Para Kapolsek, anggota Polres Bengkayang serta undangan dari berbagai dinas dan instasi di Kab. Bengkayang.

Penulis : Paino, S.Pd / Dhean
Editor : Umi Fadilah/Sugeng HS
Publish : Cucu Safiudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password