Bina Kerukunan Sosial di Sulsel, Polda Gelar Dialog Kebangsaan

Tribratanews.polri.go.id – Makassar Sulsel, Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan menggelar dialog kebangsaan bersama Forum Rektor Makassar dan Forum Umat Beragama di Lobi Mapolda Sulsel, Kamis (20/4/17) pagi.

Pada dialog hari ini diusung tema “Optimalisasi Demokrasi Kebangsaan dan Kerukunan Sosial di Sulawesi Selatan”. Acara dihadiri oleh Kapolda Sulsel Irjen Pol Muktiono, para Pejabat Utama Polda Sulsel, Kapolrestabes Makassar, Kapolres Parepare, Kapolres Soppeng, staf ahli Kapolda, perwakilan dari berbagai agama di Makassar dan perwakilan dari BEM se-Makassar.

Sebelum dialog dimulai, Kapolda Sulsel terlebih dahulu memberikan penghargaan kepada pemenang lomba video profil Polres jajaran Polda Sulsel yaitu Polres Parepare pada peringkat pertama, disusul Polrestabes Makassar ditempat kedua dan Polres Soppeng di peringkat ketiga.

Diskusi kebangsaan ini dipandu langsung Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani, acara dimulai dengan pemaparan oleh dua staf ahli Polda Sulsel yaitu Prof. Heri Tahir yang membahas tema diskusi dari sisi perspektif hukum dan Prof. Ahmad Sewang dari sisi keagamaan.

Usai pemaparan oleh pemateri, acara dilanjutkan dengan diskusi, beberapa audiens yang hadir terlihat dengan aktif mengemukakan pendapatnya tentang demokrasi kebangsaan dan kerukunan sosial.

Diakhir diskusi Kapolda Sulsel mengungkapkan sangat mengapresiasi kegiatan dialog kebangsaan ini, ia pun menanggapi beberapa masukan audiens yang terkait dengan fungsi Kepolisian dengan menukil perkataan Satjipto Rahardjo.

“Polisi itu ibarat keranjang sampah di mana menerima limbah dari semua permasalahan itu yang akan bermuara pada penegakan hukum baik itu masalah ideologi, rumah tangga dan lain-lain,” ucap Muktiono.

Penulis : Abu Uwais

Editor : Umi Fadilah

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password