Konsumsi Jamur Beracun,Belasan Warga Dusun Kayar Dilarikan ke Rumah Sakit

IMG_5933

Tribata.polri.go.id.Polda Kalbar.Sambas-Nasib malang menimpa Warga Kec Teluk Keramat Kabupaten Sambas. Maksud hati mau mencoba mengkonsumsi jamur hutan yang Dilihat secara kasat mata kelihatan menarik dan enak, ternyata Jamur tersebut beracun.

Kapolres Sambas AKBP Cahyo Hadiprabowo SH,S.IK melalui Kapolsek Teluk Keramat menjelaskan Kronologi kejadian bermula pada Rabu, (19/4/ 2017) sekira jam 09.00 wib saat di Lokasi kebun karet yang terletak di Dusun Kayar Hilir Desa Teluk Kaseh Kecamatan Teluk Keramat, setelah selesai berkebun sdri. Anita, sdri Julidar dan sdri Pariah mengambil tanaman jamur ( Kulat ) yang tumbuh di Lokasi kebun karet dan Dibawa pulang ke Rumah,setibanya di Rumah tanaman jamur langsung dibagikan ke sdr. Hairi, sdr. Marito, sdr. Asmila, sdri Rukia

Sekira jam 10.00 wiba, tanaman jamur yang Diberi tersebut kemudian Dimasak gulai / sop dan sekira jam 11.00 wiba masing-masing yang mendapatkan tanaman jamur dan Dimasak gulai / sop mulai menyantap dan tiba-tiba sekira jam 12.20 wiba sdri. Anita da Julidar di Jalan setapak Dibelakang rumah sdr. Hairi yang beralamat di RT. 05 RW. 01 Dusun Segawang hilir Desa Teluk Kaseh Ditemukan oleh anak kandungnya sdr. Botak,sdri. Anita dan sdri. Julidar sudah tergeletak di Jalan setapak dalam kondisi lemah dan muntah-muntah serta buang air besar dalam celana.

Mendengar sdr. Botak berteriak kemudian sdr. Hairi, sdr Julihartono berikut Warga lainnya setelah sdri. Anita dan sdri. Julidar Dibawa ke Rumahnya lalu Diberi minum susu sambil warga yang lain berusaha menghubungi pihak medis.

Mengetahui peristiwa tersebut pihak keluarga lainnya pun bergegas mendatangi rumah Anita tiba-tiba Ranti, Wali Rukiah,  Aspah, Lastri, Danel, Pariah, Asmila, Hesti, Botak dan Bultari mengalami pusing, mual, muntah-muntah hingga sampai buang air besar.

Sekira jam 13.00 wiba datang pihak medis sdr. Crista ( Mantri ), Mita ( Bidan ), Desi( Bidan ) dan Popy ( Bidan ) dan langsung Diambil tindakan medis dengan Diimpus dan melihat kondisi korban yang sudah parah Crista menyarankan untuk semua korban Dirujuk ke Rumah Sakit Sambas dan sekira jam 14.30 wiba semua korban Dirujuk ke Rumah Sakit Sambas untuk perawatan lebih lanjut.

“Pelajaran bagi kita jika menemukan tumbuhan liar di Alam jangan buru-buru mengkonsumsinya,paling tidak tanaman yang Dijumpai Ditanyakan kepada pihak terkait misalnya Ahli Medis,untuk menjaga hal-hal yang tidak Diinginkan seperti yang terjadi hari ini,”ujar Kapolsek Teluk Keramat.

Penulis : Hendi Ramawan
Editor : Umi Fadhilah/Sugeng Hs
Publish : Cucu Safiyudin

Admin Polri46983 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password