Catatan Eko Rahmad : UNGKAP PEMBUNUHAN PULOMAS, KINERJA LUAR BIASA POLRI

Polri berhasil mengungkap kasus pembunuhan konglomerat di Pulomas dalam waktu kurang dari 36 jam. Sebuah kinerja yang luar biasa. Saat televisi sibuk dengan pemberitaan pemakaman Ir. Dodi dan 2 orang putrinya, ternyata polisi sudah berhasil mengungkap penyekapan yang menewaskan 6 orang serta mencederai 5 lainnya pada Senin (26/12) siang hingga Selasa (27/12) sore itu.

Hanya berbekal rekaman cctv kompleks pemumahan elite tersebut, polisi langsung berhasil menangkap para pelaku. Meski 2 pelaku lain berhasil kabur, namun 3 pelaku dapat dilumpuhkan. Ini membuktikan bahwa pengungkapan kasus ini bukan main-main. Pelaku yang membekali dirinya dengan senjata api dan senjata tajam pasti tidak mudah menyerah hingga harus dilumpuhkan. Bahkan otak pelaku yang merupakan bekas sopir taksi itu sampai harus ditembak mati.

Kasus ini memang cukup menggoncang masyarakat Indonesia pada akhir tahun ini. Terlebih 3 korban meninggalnya merupakan anak-anak. Proses kematiannya juga terbilang mengerikan. 11 orang ditumpuk di dalam kamar mandi 2 m2 hingga satu persatu meregang nyawa karena kehabisan oksigen. Terbayang sudah trauma yang pasti timbul pada para korban yang masih hidup.

Sempat diragukan motif pembunuhannya, polisi akhirnya memastikan bahwa motif utamanya memang perampokan. Tidak berselang lama, polisi langsung merilis penangkapan pelaku pada Rabu (28/12) sore. Sekali lagi, ini merupakan sebuah kinerja yang luar biasa.

Memang pantas disebut demikian. Saat semua orang masih sibuk mengutuk perbuatan pelaku, polisi langsung tancap gas melakukan penyelidikan. Hasilnya, kurang dari 36 jam, polisi berhasil mengungkap kasus tersebut. Proses penyelidikan hingga memastikan keberadaan para pelaku yang mungkin bagi orang awam sangat mustahi, akan tetapi bagi Polisi hal itu seperti hanya mengedipkan mata.

Dengan hanya berbekal rekaman cctv dan saksi kunci yang belum bisa diajak berkomunikasi, tetapi tidak cukup menyulitkan pengungkapan kasusnya. Memang tidak salah kita mempercayakan keamanan dalam negeri kepada mereka. Kinerja Polri dalam banyak penungkapan kasus yang menyita perhatian publik memang terbilang sangat mengagumkan. Sebut saja kasus pembunuhan dengan kopi bersianida yang menewaskan Wayan Mirna Salihin. Meski masih harus melewati proses persidangan yang cukup panjang, namun disidangkannya kasus tersebut membuktikan kinerja Polri yang luar biasa.

Semoga di tahun 2017 yang akan datang, kinerja Polri dalam pengungkapan kasus akan semakain cemerlang. Masih banyak pekerjaan rumah yang berupa kasus yang belum terselesaikan menanti untuk diungkap. Dan semua itu membutuhkan kemampuan luar biasa dari Polri. Tetap jaya Polisi Indonesia. Kami percayakan keselamatan kami dan keamanan negeri ini di pundakmu.

Editor : Kang Iqbal

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password