Rebutan Lahan Tambang Pasir, Berakhir Perdamaian

Tribratanews.polri.go.id – Polres Bojonegoro, Tiga desa yaitu Desa Kanor Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro, Desa Ngadirejo dan Desa Kanorrejo Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban yang sempat berseteru karena rebutan lahan tambang pasir manual, akhirnya pada Rabu (19/04) pukul 09.30 WIB sepakat untuk berdamai.

Perdamaian ketiga desa itu diawali dengan deklarasi dan penandatanganan kesepakatan antara penambang pasir yang lakukan di tepi sungai bengawan solo turut bumi Dusun Kanor dengan disaksikan oleh Kasat Binmas Polres Tuban AKP Mardiyah, Forpimka Kanor dan Rengel beserta Anggota, Kepala Desa Kanor, Kepala Desa Ngadirejo dan Kepala Desa Kanorejo beserta para penambang.

Kapolsek Kanor Polres Bojonegoro AKP Imam Khanafi saat memberikan sambutan mengharapkan kepada masing-masing pihak agar mematuhi apa yang telah disepakati bersama.

“Kini semua telah kembali seperti semula, bapak bapak sudah bisa bekerja dan mengambil pasir lagi, namun pesan saya patuhi semua yang telah disepakati,” tutur AKP Imam Khanafi.

Sementara Kapolsek Rengel AKP Musa, S.H yang juga turut hadir bersama Kasat Binmas Polres Tuban AKP Mardiyah menekankan kepada para penambang untuk tetap menjaga dan melestarikan lingkungan. AKP Musa juga berpesan apabila ada permasalahan untuk diselesaikan dengan cara musyawarah.

“Kalau ada permasalahan jangan main otot yang berujung perkelahian antar penambang seperti di daerah lain, lakukan semua dengan musyawarah,” pesannya.

Setelah dilakukan pembacaan deklarasi dan penandatanganan kesepakatan bersama penambang Pasir dilanjutkan dengan penyerahan pelampung secara simbolis  kepada Kepala Desa Ngadirejo, Kanorrejo Kecamatan Rengel dan Kepala Desa Kanor Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro.

Kegiatan diakhiri dengan foto bersama dan pengambilan pasir secara simbolis oleh Kepala Desa Kanor Kabupaten Bojonegoro, Kepala Desa Kanorrejo, Kepala Desa Ngadirejo Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban

Penulis : Jokosembung
Editor : Umi Fadilah
Publish : Jokosembung

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password