Tim Supervisi Dit Krimsus Polda Lampung Berikan Arahan Terkait Penyelidikan dan Penyidikan

Tribratanews.polri.go.id – Polres Lampung Barat. kedatangan Tim Supervisi Reserse Dit Krimsus Polda Lampung yang di pimpin Kabag Wasidik Ajun Komisaris Besar Polisi Abdi Dermawan bersama Penyidik Madya Ajun Komisaris Besar Polisi Jonson Sihotang bersama rombongan Tim lainya tiba di Polres Lampung Barat Pada Rabu 19/04/2017 sekira pukul 09.00 Wib.

Rombongan tim langsung di sambut Kapolres Lampung Barat bersama Waka Polres Kompol Sukandar,SH. di dampingi Kasat Reskrim, AKP Firmansyah, dan KBO Reskrim Ipda Arnis. Menuju ruang Waka Polres untuk melaksanakan ramah tamah, selesai ramah tamah rombongan menuju keruang aula Partisarawirya untuk memberikan arahan dan pendalaman materi kepada para kanit dan anggota Reserse Polres dan Polsek Jajaran.

Acara di buka dengan sambutan Kapolres Lampung Barat AKBP Andy Kemala,S.Ik.M.M. mengatakan Kami dari Polres Lampung Barat pada intinya menyambut baik kedatangan bapak beserta tim Kepolres Lampung Barat, kaitanya dengan superfisi di bidang reserse. karena kami di Polres ini perlu banyak  masukan terkait dengan perkembangan penyidikan dan penyelidikan ataupun kasus-kasus yang mungkin sudah ditangani atau yang saat ini lagi kita tangani.

di sini hadir dari para kanit Polres dan Polsek Jajaran, disini kami ingin saling berbagi ilmu dan dari polda yang lebih tau kondisi perkembangan situasi sekarang terkait sidik maupun lidik kemudian terkait kasus-kasus yang saat ini di tangani ataupun yang sudah di tangani.

reskrim 1

Mari setiap kinerja kita di evaluasi apakah ada kekurangan dalam pekerjaan kita. di wilayah Hukum Polres Lampung Barat ini hampir 100 % hutan terkait dengan perburuan liar, masalah iligal loging, iligal fishing, ilegal mining, yang sekarang menjadi tantangan buat kita, selain itu juga masalah korupsi kita juga ada beban untuk menangani satu Laporan polisi di tahun 2017.

Kita dalam menangani yang berbobot artinya benar-benar dirasakan oleh masyarakat dalam penanganan kasus korupsi. jangan berkecil hati dengan Polres paling ujung kita bisa berbuat lebih bagus, apa lagi sekarang ini ada target untuk tipidter. tahun kemarin Polres Lambar ada dua Korupsi yang ditangani mudah-mudahan sama dengan tahun kemarin yang kita tangani pada tahun ini. Selain itu terkait dengan kasus yang lain karena tipiter ini banyak terkendala masalah saksi ahli, karena rata-rata banyak di bandar lampung bahkan ada saksi ahli yang di jakarta,”Ucapnya.

Sehingga saksi ahli untuk ke Polres Lampung Barat butuh waktu berjam-jam ini terkait juga kasus yang mau kita limpahkan kekejaksaan. ini kendala kita disini,saya minta dukungan dari polda khususnya Krimsus untuk bisa menjembatani. selama ini tidak ada permasalahan hanya  saksi ahli saja.

Kami berharap dengan adanya supervisi ini bisa memberikan masukan informasi kepada para penyidik-penyidik ini artinya penyidik juga puas kondisi saat ini, ibaratnya saat ini kita selalu belajar dan belajar serta pengetahuan tentang perkembangan hukum jangan sampai kita ketinggalan dan kita harus ada nilai lebih,”Pungkasnya.

Sementara Arahan dari Kabag Wasidik Ajun Komisaris Besar Polisi Abdi Dermawan mengatakan, kita semua disini belajar kesulitan krimsus ini kadang-kadang kita menentukan kesalahan orang itu harus melibatkan instansi lain dan ini yang di perlukan koordinasi, dan ini tantangan bagi krimsus, krimsus ini sama dengan tindak pidana narkoba,krimsus ini harus ada ini siatif biar bisa ungkap pidana, seperti galian batu cek itu perijinanya dan sebelumnya kita harus siapkan, sebelum perang contonya pahami dulu undang-undangnya. Tipiter harus bergerak kewilayah-wilayah dan polres itu punya power yang sama dengan Polda.

Setiap anggota tipiter itu harus memegang Laporan Polisi, apa bila selama tiga bulan tidak memegang Laporan Polisi tipikor Polda Apel Pake Baju PDH, setelah itu lakukan exspose jadi kelihatan siapa-siapa yang tidak memegang LP, gimana kalau lampung barat di buat aturan seperti itu. Intinya di krimsus ini mau membaca kalau tidak mau membaca tidak tau apa-apa, jadi ada perkembangan undang-undang baru tidak paham. Saya hanya bisa mengarahkan yang baik untuk Polri terutama anggota Krimsus.

reskrim 2

Perhatikan penggunaan dana ADD jangan sampai ada penyelewangan, karena dana ADD itu sangan besar setiap desa awasi bener penggunaanya ADD itu, ada tiga kegiatan fisik, latihan dan pemberdayaan mari kita selamatkan anggaran negara supaya di salurkan pada tempatnya apa bila ada penyelewengan terkai ADD atau anggaran lainya segera tindak dan lakukan penyidikan.

Jangan sampe kita terlena lakukan kordinasi dengan Kasubit Polda tanyakan terkait masalah apa pun. Banyak aturan baru di tipiter. Selanjunya ketua tim menanyakan terkait anggota reskrim polres yang menangani tipikor yakni Brigpol Agus terkait dengan penyelidikan apa yang di tanya oleh ketua tim dapat di jawab langsung oleh Brigpol Agus, seketika itu juga ketua tim sangat bangga terhadap anggota penyidik yang bisa menjawab semua pertanyaanya.

Lanjut kata ketua tim Upayakan pelaku memulangkan anggaran negara yang di korupsinya. penyidikan di tipikor itu gampang ada aturan, aturan itu dengan fakta bertentangan tidak, perbuatan dengan aturan bertentangan tidak? apabila bertentangan ada tidak kerugian negara. apa bila ada kerugian negara kita alihkan siapa yang akan bertanggung jawab atas kerugian negara berkaitan dengan tupok.

utamakan penyidikan tipikor itu adalah arah kan kerugian negaranya, jangan unsur melawan hukumnya, belum tentu pidana tapi dia bisa administrasi, apa bila fokus kerugian negara sudah pasti ada unsur melawan hukum, banyangkan apabila 7 kanit yang ada di Polsek Jajaran Polres Lampung Barat ini fokus kepada penyelidikan kepada dana ADD dapak dimasyarakat akan bagus terhadap penggunaan dana desa.

selain itu tim menanyakan kesulitan dan kekurangan serta hambatan di Polres dalam menangani kasus kepada seluruh anggota Reserse Polres dan Polsek Pada acara itu, kegiatan selanjutnya anggota tim memeriksa administrasi yang akan di periksa semua sudah disiapkan oleh sat reskrim dalam pemeriksaan tersebut tidak mengalami kendala semua dapat berjalan dengan lancar.

Penulis         : Edi Susanto

Editor           : Umi Fadilah

Publish         : Edi Susanto

 

Admin Polri54029 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password