JUMPA PERS AKHIR TAHUN 2016 : Cegah Peredaran Narkoba, Polda Kaltim Koordinasi Polisi Malaysia

POLDA KALTIM – Kejahatan narkoba masih mendominasi di Kaltim-Kaltara, sebab selama 2016 posisinya peringkat satu menggeser curanmor, setelah tahun sebelumnya berada peringkat tiga.

Ini diakui Kapolda Kaltim Irjen Pol Safaruddin saat jumpa pers akhir tahun di Ruang Rupatama, Mapolda Kaltim, Jalan Syarifuddin Yoes, Balikpapan, (29/12/2016).

“Total barang bukti lebih 60 kg,” tegasnya sambil menggelengkan kepala. Ini menyusul, jenderal bintang dua tersebut menarget setiap wilayah wajib ungkap tujuh kasus selama sepekan.

“Tiga saya target. Balikpapan, Samarinda dan Kutai Kartanegara,”  urainya. Sementara kota lainnya, 2-4 kasus dalam sepekan. Peredaran narkoba paling banyak jenis sabu, diakui pula kapolda masuk melalui negara tetangga, Malaysia.

Yakni Tawau, Sabah melalui Nunukan, Malinau dan Tarakan. Dirinya sudah berkoordinasi dengan kepolisian setempat, namun para bandar dan mata rantainya itu masih bisa lolos masuk ke Kaltim-Kaltara.

“Ke depan kami tingkatkan lagi pengungkapan dan pencegahan,” seru Safaruddin didampingi Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Johny L Tobing yang turut hadir acara tersebut.

Dihadapan sejumlah wartawan media cetak, elektronik serta pejabat utama polda, Safaruddin menguraikan, pengungkapan narkoba tak hanya warga sipil, melainkan anggota polisi yang terlibat, juga diberi sanksi tegas, pecat.

Ada 16 kasus polri terlibat narkoba. Tahun sebelumnya 18. “Polri wajib berantas, bukan malahan terlibat,” tegas mantan Wakabaintelkam Mabes Polri ini.

Kejahatan atensi lainnya yakni curanmor dan pencurian pemberatan (curat). Terbaru, kejahatan menimpa warga Samarinda yang hendak mengantarkan uang Rp 103 juta.

Korban dicegat dan ditikam hingga tewas. Saat ini pelaku masih dalam terus pengejaran. “ciri-cirinya sudah kami peroleh, masih pencarian,” imbuh Kepala Bidang Humas Polda Kaltim AKBP Ade Yaya Suryana.

(Humas Polda Kaltim)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password