Gubernur DIY Launching Samsat Desa di Jogja

tribratanews.polri.go.id – JOGJA – Ada hal yang istimewa di hari ini Selasa (18/04/2017). Tak lain adalah Jogja sebagai Pilot Project peluncuran Program Samsat Desa. Apa itu samsat desa? Samsat desa adalah Program Prioritas Kapolri di bidang Lalu Lintas. Samsat desa sendiri adalah terobosan Polri untuk mendekatkan pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor yang tinggal jauh dari pusat Kabupaten dan Kota. Samsat Desa Pakembinangun, Sleman dipilih sebagai tempat Launching Samsat Desa.

Peluncuran Samsat Desa dilakukan langsung oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. Hadir Kakorlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa, Dirjen Bina Keuangan Kemendagri Dr. Reydonnyzar Moenek, Kapolda DIY Brigjen Pol Ahmad Dofiri dan Dirut Jasa Raharja, Budi Setyarso, MM. dan Bupati dan Walikota di DIY, Kapolres/ta di DIY.

“Apresiasi yang besar untuk Tim Pembina Samsat DIY merespon dengan cepat atas kondisi wilayah di Desa Pakembinangun, hal ini sebagai upaya tindak lanjut program prioritas Korlantas Polri telah menjadikan Polda DIY sebagai Pilot Project Samsat Desa. Suatu kebanggan tersendiri karena saat ini DIY satu-satunya daerah yang memiliki Samsat Desa,” ujar Kapolda DIY dalam sambutannya.

Jogja dipilih sebagai pilot project Samsat Desa tidak lepas dari pertumbuhan kepemilikan kendaraan bermotor yang pesat. Hal ini tentu membutuhkan pelayanan perpajakan yang harus bisa mengimbanginya. Karenanya Direktorat Lalu Lintas Polda DIY sebagai salah satu Tim Pembina Samsat melakukan studi kelayakan dan menjadikan Jogja dipilih sebagai Pilot Project.

“Semoga launching hari ini, dapat bermanfaat bagi masyarakat DIY, sehingga tujuan keinginan Bapak Presiden untuk melayani masyarakat dapat tercapai, dan juga semoga launching ini bisa berlanjut terus sampai ke desa – desa berikutnya,” kata Kakorlantas yang disambut tepuk tangan meriah dari tamu undangan yang hadir.

Sementara Gubernur DIY Sri Sultan hamengku Buwono X dalam sambutannya berharap program ini jangan hanya sekedar menggantungkan teknologi yang ada.

_999 999 674

“Saya mohon kepada para petugas bisa membangun komunikasi yang santun dengan publik. Jika masyarakat mengalami kendala, saya harap petugas bisa langsung melayani. Para petugas agar bisa meluangkan waku untuk say hello kepada masyarakat,” tegasnya.

Harapan begitu besar disampaikan oleh Gubernur DIY, agar program samsat desa ke depan dapat menyentuh berbagai lapisan masyarakat.

Selain di Pakembinangun, Samsat Desa juga ada di Balai Desa Semugih, Rongkop Gunungkidul, Balai Desa Sidomulyo Bambanglipuro Bantul, Desa Palihan Temon Kulonprogo, dan Kelurahan Wirogunan Yogyakarta. Ke depan Samsat Desa akan ditambah lagi

“Semoga dengan hadirnnya Samsat Desa ini dapat membawa manfaat yang lebih besar dan mudah bagi seluruh warga masyarakat. Harapan saya samsat desa ini dapat mengurangi beban yang ada di Samsat pusat,” jelas Gubernur DIY.

Launching Samsat Desa ditandai dengan pemukulan gong. Kemudian dilanjutkan dengan meninjau Kantor Samsat Desa.

penulis: dhenyyn

editor: umi fadilah

publish: mfajar

2 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password