Kapolda, Intelejen Dituntut Berperan Sebagai Mata Telinga Serta Mampu Menjadi Dapur Analisis.

Tribratanews.polri.go.id – Polda Maluku – Kapolda Maluku Brigjen Pol. Drs. Ilham Salahudin, SH,M.Hum, didampingi Waka Polda Maluku Kombes Pol. Drs. Musa Ginting dan Dir Intelkam Polda Maluku Kombes Pol. Darwanto, membuka Rakor Intelkan Polda Maluku TA. 2017 yang diikuti para Kasat Intel Jajaran Polres Polda Maluku, dan dihadiri para Pejabat Utama Polda yang akan berlangsung selama 2 (dua) hari di Hotel Pasific Kota Ambon tadi pagi, (18/4-2017).

Kapolda dalam sambutannya antara lain menyatakan bahwa Intelejen dituntut untuk mampu berperan sebagai mata telinga dalam arti pasif semata, namun lebih daripada itu dituntut lebih mampu menjadi dapur analisis terhadap setiap fenomena perkembangan lingkungan yang terjadi, serta tidak tinggal mengintervensi, namun dituntut untuk melakukan aksi dalam upaya melaksanakan deteksi aksi guna mereduksi gangguann Kamtibmas 2017, jelas Kapolda.

Maka dalam rakor Intelkam ini dimintakan untuk apa yang tertera dalam Tema yakni : “Rapat koordinasi Direktorat Intelkam Polda Maluku TA.2017” Fungsi Intelkam Polda Maluku dan Jajaran siap melaksanakan deteksi dini aksi guna mempredeksi Gangguan Kamtibmas 2017”. Jadi dengan tema ini bukan hanya slogan. Akan tetapi deteksi aksi paling depan tentang aksi-aksi yang akan dilakukan, apa masing-masing Kasat sudah punya info tentang aksi tersebut, maka harus dikoordinasikan, pinta Kapolda.

Untuk itu, diperlukan kebersamaan persepsi kesungguhan kerja keras, dedikasi serta tentunya profesionalisme setiap aparat intelejen semangat loyalitas, dedikasi dan harus terus dibangun secara kolektif, dengan harapan Intelejen mampu membangun sistem Early Detection dan Early Warning yang baik sehingga dapat dilakukan Early Action yang tepat dan efektif, harapnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya Kapolda memerintahkan jajaran Intelejen untuk:

  1. Petakan secara akurat berbagai potensi kerawanan, laksanakan kegiatan-kegiatan Intelejen melalui Lidik, Pengamanan, Panggalangan maupun kontra Intelejen untuk seoptimal mungkin mengelimenir berbagai potensi timbulnya gangguan Kamtibmas pasca dan Pra Pilkada.
  2. Memperkuat Polsek sebagai basis deteksi, perankan jajaran Polsek kita yang tersebar di seluruh pelosok Maluku yang sehari-hari besentuhan dan berinteraksi langsung dengan masyarakat sebagai basis informasi, bangun sistem informasi sedemikian rupa sehingga lalu lintas informasi dari Polsek bisa cepat, akurat.
  3. Serta pelihara dan perkuat profesionalisme setiap personel Intelejen sehingga selalui siap dengan berbagai dinamika perkembangan masyarakat. Perintahnya.

Kapolda, akhirnya mengucapkan selamat melaksanakan rapat koordinasi pada seluruh peserta agar memanfaatkan kegiatan ini sebagai sarana dalam menyikapi berbagai persoalan kedepan, khususnya pasca Pilkada tahun 2017 dan Pilgub tahun 2018, pintanya.

Penulis  : Arifin Tuharea
Editor    : Umi Fadilah
Publish  : Rifan Tulak

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password