Bangun Kerjasama, Kapolda Sulsel Gelar Audiensi dengan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Sulsel

Tribratanews.polri.go.id – Makassar Sulsel, Kapolda Sulsel Irjen Pol Muktiono kembali kedatangan tamu, kali ini Pimpinan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulsel berkesempatan beraudensi dengan Kapolda di ruang tamu pimpinan Mapolda Sulsel, Selasa (18/4/17).

Kunjungan Ketua KPID Sulsel Mattewakka bersama staf dalam rangka menjalin sinergitas dan kerja sama dengan jajaran Kepolisian. Ketua KPID mengharapkan bantuan kapolda dalam hal penertiban pengusaha TV Kabel yang melanggar.

“Karena sekarang sudah banyak TV Kabel di daerah yang tidak mengantongi ijin dari Kemenkominfo,” ujar Mattewakka.

Sedang kata Mattewakka, KPID bertugas mengawasi penyiran untuk ijin operasionalnya harus dari Infokom. Komisi penyiaran hanya mengawasi dan menegur melalui pejabat pemerintah daerah.

Kapolda Sulsel Muktiono menyambut baik harapan KPID, menurutnya yang lebih utama saat ini adalah menertibkan materi siaran yang merusak norma agama dan norma adat, itulah yang harus kita fokus kita awasi.

“Saya akan mendukung penuh kerjasama ini, selama itu baik dan menguntungkan masyarakat,” ucap Kapolda yang didampingi Kabid Humas Kombes Pol Dicky Sondani.

Seperti yang diketahui bahwa hampir semua televisi menampilkan tontonan-tontonan yang romantis, kekerasan, perampokan, dan pelecehan seksual. Seharusnya  adegan tersebut tidak layak untuk di tayangkan, karena akan besar efeknya terhadap perkembangan remaja, contohnya acara-acara musik mulai dari host hingga penyanyinya hampir semua memakai rok mini.

Banyak pula video klip yang memuat seks di dalamnya. Video klip tersebut terdapat pernari wanita yang bergoyang sensual, belum lagi syairnya yang vulgar. Kemudian banyak pula tayangan yang melakukan adegan kekerasan dari media televisi, sehingga para remaja berpikir bahwa  kekerasan adalah jalan keluar untuk menyelesaikan masalah.

Iklan-iklan yang selalu ditayangkan pun semuanya menjual hal-hal yang belum layak untuk dilihat oleh remaja, iklan tersebut sering kali  ditayangkan  pada jam keluarga dan tentu saja remaja ikut menontonnya, begitu pula dengan artis-artis yang sering tampil di televisi tidak ada yang mencerminkan hal-hal yang baik, tetapi hanya merusak moral anak bangsa terutama remaja.

Tidak heran lagi jika pada saat sekarang  ini banyak sekali remaja perempuan yang keluar dengan memakai rok mini, dan baju yang tidak sesuai dipakai oleh remaja Indonesia khususnya remaja Islam.  Semua terjadi karena banyaknya contoh dalam tayangan televisi yang sudah ditonton. Pergaulan bebas pun di saat sekarang ini sangat merajalela pada kalangan anak remaja yang masih di bawah umur, maka banyak pula remaja yang menikah di bawah umur akibat melakukan perbuatan yang belum sepantasnya dilakukan.

Harusnya televisi menjadi media untuk belajar, akan tetapi televisi sekarang banyak yang  menayangkan hal-hal yang tidak baik, yang mengakibatkan remaja meniru adegan-adegan yang terdapat didalamnya.

Hal ini disebabkan karena masing-masing stasiun televisi berlomba-lomba untuk menaikan rating stasiun televisi mereka, tanpa memperdulikan efek yang ditimbul. Jika acara yang tidak mendidik  terus-menurus ditayangkan, maka akan semakin rusak pola pikir anak-anak muda  yang merupakan generasi penerus bangsa.

Hari ini hal-hal negatiflah yang paling sering ditayangkan di televisi, dan jarang sekali menayangkan hal-hal positif. Jika terlalu sering mengikuti hal-hal yang ditayangkan di televise, maka tugas perkembangan remaja akan terhambat karena akal berkembang sesuai umur.

Seharusnya tugas remaja pada saat sekarang ini adalah mencapai kematangan dalam beriman dan bertakwa kepada Tuhan, seperti belajar mengaji, membaca al-Qur’an dan sebagainya. Serta harus melatih kemandirian prilaku yang ekonomis, berbicara dengan sopan santun, membedakan yang mana baik dan buruk, dengan terlaksananya tugas remaja tersebut maka remaja tidak akan terlalu  banyak mengikuti apa saja yang ada di televisi.

Penulis : Abu Uwais

Editor : Umi Fadilah

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password