2017 Program Turunkan Angka Kecelakaan

2017-program-turunkan-angka-kecelakaan

POLDA KALTIM – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Kaltim menganalisis, selama 2016 wilayah Kutai Kartanegara (Kukar) kota tertinggi angka kasus kecelakaan. 2017 nanti, upaya pencegahan terus ditingkatkan.

Namun, dilihat dari segi korban meninggal, paling banyak di Samarinda dan Paser. Meski kedua kota tadi jumlah kasus kecelakaannya lebih rendah dari Kukar.

“Faktor luas wilayah,” sebut Direktur Lalu Lintas Polda Kaltim Kombes Pol Arief Prapto, Kamis (29/12/2016).

Jalur poros Balikpapan hingga Sangatta, hampir 50 persen masuk wilayah Kukar. Sementara, kejadian kecelakaan kerap terjadi di jalur poros tersebut. Sementara pada jalur perkotaan, masih kecil dibanding jalur provinsi.

Perwira melati tiga ini sedang melakukan langkah-langkah, koordinasi pihak terkait untuk menambah rambu lalu lintas, dan jalan. Kesadaran tertib di jalan juga bisa menangkal dan menurunkan angka kecelakaan.

“Kalau pengendara sudah tertib, kecelakaan bisa diminimalisir,” harap mantan Kapolresta Samarinda ini.

Sementara itu, korban kecelakaan paling banyak pegawai swasta dan pelajar/mahasiswa. Jumlah mencapai 73 persen.

“Korban usia produktif 16-30 tahun,” tambah Kepala Bidang Humas Polda Kaltim AKBP Ade Yaya Suryana. Untuk menekannya, Ditlantas ada cara jitu: beri pemahamanan seputar lalu lintas, mulai anak-anak. Datang ke TK, SD dan SMP hingga SMA. Paling banyak anak-anak TK dan SD. “Karena mereka aset negara,” urainya.

Sehingga, sejak dini ditanamkan pentingnya selamat berkendara. Sampai besar masih terekam di pikiran mereka.

Di luar itu, ada pula korban kecelakaan yang sudah menikah dan punya anak. Jadi tulang punggung keluarga, kemudian tewas karena kecelakaan. Imbasnya, kata Kismono, keluarga yang ditinggalkan menjadi janda, anak-anak kehilangan ayah. “Dampaknya luas, beberapa tahun baru dirasakan,” tuturnya.

“Ekonomi dan kegiatan belajar mereka jadi terhambat dan lainnya. Ini berdasarkan analisis kami,” sambungnya.

(Humas Polda Kaltim)

Admin Polri53285 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password