Polda Kalsel Launching E-Samsat, E-Tilang, SIM Online Baru, Si Praktis SIM Polres Tanah Bumbu & Pelayanan RTMC

POLDA KALSEL – Kapolda Kalsel Brigjen Pol Drs. Erwin Triwanto. S.H. secara resmi membuka acara launching E-Samsat, E-Tilang, SIM Online Baru, Si Praktis SIM Polres Tanbu dan peresmian RTMC Direktorat Lalu Lintas Polda Kalsel pada Kamis (29/12) di Aula Mathilda Batlayeri Polda Kalsel.

Peluncuran program layanan berbasis online ini merupakan perwujudan program Promoter Kapolri yang salah satunya memberikan layanan berbasis IT yang mudah dan cepat dan aman.

Acara peluncuran juga dihadiri Staff ahli Gubernur Rusdianyash, Korem 101/Antasari, Direktur Bank Kalsel, Kadispenda, Jasa Raharja, Dishub Kalsel, pejabat utama dan jajaran se Polda Kalsel.

mid_9779 mid_9772 mid_9768

 

Penerapan sistem berbasis online ini bisa mencegah serta mengurangi praktik pungutan liar (pungli) serta mempermudah masyarakat dalam melakukan transaksi pembayaran tilang.

Sebab, pembayaran dapat dilakukan melalui bank, Selain itu, sistem ini juga bisa mengurangi jumlah pelanggar yang hadir di persidangan tilang.

Dengan e-tilang (tilang online), data pelanggar terkoneksi dengan kejaksaan dan pengadilan untuk menyidangkan atau menjatuhkan putusan denda (amar putusan), Tak hanya itu, pelanggaran dapat terkoneksi dengan sistem penerbitan SIM sehingga dapat diketahui pelanggaran-pelanggaran yang pernah dilakukan oleh pemohon penerbitan SIM.

Keuntungan dalam penggunaan aplikasi tilang online, bisa diketahui secara transparan, akurat, dan cepat oleh pihak-pihak terkait, di antaranya Polri, Kejaksaan, Mahkamah Agung, atau Pengadilan di setiap tingkatan, mulai dari kabupaten/kota, provinsi, hingga pusat.

Rekapitulasi data penindakan tilang dapat diakses melalui Aplikasi Tilang Online dan website.

Sedangkan untuk program E-Samsat, nantinya masyarakat dapat membayar pajak tahunan secara online, tidak harus datang ke Kantor Samsat.

Begitupun dengan SIM online yang dapat mempermudah pelayanan kepada masyarakat, Jadi jika ingin memperpanjang SIM, pengemudi cukup mendatangi Satuan Administrasi Penerbit SIM (Satpas) di Polres setempat.

Selama ini jika masyarakat yang SIM-nya dikeluarkan di daerah, mereka harus membuatnya kembali di daerah asal tempat pemilik membuat SIM.

Kini dengan SIM online, warga cukup mendatangi Satpas di Polres terdekat. Nantinya, Satpas terdekatlah yang akan menerbitkan SIM. Jadi, hanya data saja yang akan masuk ke Satpas tempat warga membuat SIM.

mid_9825 mid_9826 mid_9850

Admin Polri55931 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password