Brigjen Pol Rikwanto : Temukan Pungli Dan Laporkan

Tribratanews.polri.go.id – Mabes Polri, Karo Penmas Div Humas Polri Brigjen Pol Drs Rikwanto menjelaskan jangan berfikir selama ini saber pungli tidak bekerja, tunggu saja waktunya.

IMG-20170417-WA0209-1

Hal ini disampaikan Brigjen Pol Rikwanto dalam talkshow program NSI di Metro TV dengan mengusung topik Pungli lagi, Pungli lagi,  Senin (17 /4/2017) malam.

Brigjen Pol Rikwanto menyebutkan Selama ini tim bekerja dengan mengamati dan menyelidiki serta mengumpulkan data dan fakta. Setelah dinyatakan lengkap maka akan dilakukan penangkapan dan pengungkapan. Disini bukan masalah besar kecilnya pungli namun yang di kejar adalah perbuatanya pungli ini sangat merugikan negara dan masyarakat.

“Indikasi pungli paling banyak pada bidang pelayanan masyarakat seperti perizinan dan lain lainya, “terang Karo Penmas Div Humas Polri.

IMG-20170417-WA0208

Sementara itu,  Dalam himpunan data indikasi pungli banyak di dominasi pada Dinas perhubungan yang menyangkut perizinan, pendidikan dan pelayanan Kepolisian.

Karo Penmas Div Humas juga berpesan jika masyarakat ingin melapor harus dilampirkan dengan jelas obyeknya, nominal, jika perlu nama pelaku jelas agar para tim dapat melihat hal tersebut benar sesuai kenyataan yang terjadi dan dapat segera dilakukan penyelidikan.

Terpisah Brigjen Pol Agung Setya Direktur Tipideksus Bareskrim Polri mengungkapkan kegiatan pungli masih saja kerap terjadi. Masih ada tangan – tangan nakal yang masih saja melakukan praktek pungli yang menggerogoti negara. Hal ini dibuktikan dengan adanya penangkapan yang dilakukan oleh polisi di Samarinda Kalimantan Timur.

“Dimana Polisi berhasil mengungkap pungli koperasi komura Peti Kemas dengan barang bukti berupa uang sejumlah 6,1 Milyar. Dalam pengungkapan ini polisi berhasil menetapkan 4 tersangka, “jelas Brigjen Pol Agung Setya,saat diwawancara awak media ini.

Direktur Tipideksus Bareskrim Polri membenarkan adanya penangkapan tersebut. “Dijelaskan Bahwa praktek pungli ini sudah berjalan beberapa tahun ini dengan berhasil mengumpul kan dana 539 Milyar yang nominalnya hampir setengah triliyun. Koperasi ini merupakan koperasi legal namun para pelaku memanfaatkan hal tersebut untuk melakukan praktek pungli. (*)

Penulis: Tim

Editor: Umi Fadilah

Publish : Alam / Veri

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password