Maklumat Kapolres Trenggalek Jelang Pemilukada DKI Jakarta Putaran Kedua : Percayakan Keamanan kepada Polri dan TNI

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Menyikapi perkembangan situasi menjelang Pemilukada DKI Jakarta yang semakin memanas, serta adanya gejala pengerahan massa ke Jakarta dari berbagai daerah di Indonesia, Kapolres Trenggalek AKBP Donny Adityawarman, S.I.K, M,Si mengeluarkan maklumat berisi larangan mobilisasi massa menuju Jakarta.

AKBP Donny menuturkan bahwa pengerahan massa tersebut tidak diperlukan karena sudah ada TNI dan Polri yang akan mengamankan proses Pemilukada DKI Jakarta. Masyarakat diminta agar tidak terprovokasi datang ke Jakarta dengan dalih apapun karena berpotensi dapat mengganggu keamanan dan ketertiban.

“Percayakan semua kepada penyelenggara Pemilu. Ada KPU dan Bawaslu yang akan mengawasi jalannya Pemilukada. Untuk keamanan, TNI dan Polri sudah menyiapkan personel yang cukup. Tidak perlu ada pengerahan massa” tegas AKBP Donny.

Lebih lanjut AKBP Donny menyatakan, jika masih ada masyarakat yang ngotot berangkat ke Jakarta, pihaknya akan melakukan pencegahan dan jika melanggar hukum akan ditindak tegas sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Berikut isi lengkap Maklumat Kapolres Trenggalek :

  1. Masyarakat Kabupaten Trenggalek agar tidak terprovokasi datang ke Jakarta untuk melaksanakan aksi menyampaikan pendapat di muka umum terkait Pemilukada di DKI Jakarta dalam bentuk apapun;
  2. Melarang setiap perbuatan atau tindakan mobilisasi massa untuk mengikuti aksi unjuk rasa di DKI Jakarta yang dapat berakibat terganggunya keamanan serta ketertiban umum;
  3. Menyerahkan dan mempercayakan sepenuhnya urusan Pemilukada DKI Jakarta kepada KPUD dan Bawaslu DKI Jakarta serta keamanan kepada Polri dan TNI;
  4. Bagi warga masyarakat yang tidak mengindahkan sebagaimana dimaksud pada angka 1 dan 2 di atas dan tetap datang ke Jakarta, maka Polri akan melaksanakan pencegahan dan mengembalikan ke daerah masing-masing, serta menindak tegas sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Penulis : Ady

Editor : Umi Fadilah

Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password