Selesaikan Pencurian Oleh Anak Dibawah Umur : Polsek Limau Polres Tanggamus Lampung Fasilitasi Rembug Pekon/Desa

whatsapp-image-2016-12-29-at-19-50-52

Lampung – Rembug pekon pencurian rokok dan handphone oleh anak dibawah umur, difasilitasi oleh kepala kepolisian sektor (Kapolsek) Limau Polres Tanggamus, bersama dengan aparat pekon setempat digelar di Polsek Limau, Rabu (28/12/16).

Hal tersebut disampaikan Kapolsek Limau, Iptu Rukmanizar dalam rilisnya pada Kamis (29/12), berawal dari pencurian yang dilakukan RA (14) dan DE (15) beralamat di kecamatan limau kabupaten tanggamus.

Korban MH (32) beralamat di kecamatan limau, menceritakan pada saat berlibur di kabupaten Pringsewu pada Selasa (27/12) sekira pukul 01.00 Wib menerima informasi dari masyarakat telah melihat dua orang anak laki-laki memasuki rumahnya. Setelah MH pulang kemudian melaporkan kepada Bhabinkamtibmas telah kehilangan beberapa rokok dan handphone dengan kerugian sebesar Rp. 700.000,-

Berdasarkan informasi tersebut Kapolsek Limau, Iptu Rukmanizar berkoordinasi dengan kepala pekon/desa, setelah dilakukan pencarian berdasarkan keterangan saksi-saksi didapatkan RA dan DE, kedua anak tersebut mengakui perbuatannya.

Kesepakan korban dan orang tua pelaku, kepala pekon dan aparat pekon setempat kejadian tersebut, diseleaikan secara kekeluargaan. Dalam hal ini Kapolsek Limau memfasilitasi dengan melaksanakan rembug pekon di kantor Polsek Limau.

“kami hanya memfasilitasi rembug pekon, sehubungan dalam kategori anak-anak dan kerugian korban sebesar Rp. 700.000,- berupa rokok dan handphone seluruhnya sudah dikembalikan oleh pelaku” ujar Iptu Rukmanizar.

Rembug pekon antara pelaku berikut orang tuanya dengan korban disaksikan oleh kepala pekon dan aparat pekon, kesepakatan pelaku tidak mengulangi perbuatannya pun demikian korban tidak melanjutkan proses hukum dengan menandatangi perjanjian diatas materai.

Semoga dengan rembug pekon yang merupakan kearifan lokal, pelaku tidak mengulangi perbuatannya demikian juga orang tua pelaku dapat memperhatikan kegiatan anaknya sehingga tidak melakukan tindakan kriminal. (NN).

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password