Kesigapan Polres Brebes, Lumpuhkan Pelaku Terorisme

Tribratanews.polri.go.id, Brebes – Markas Kepolisian Resor Brebes yang berada di jalan Jenderal Sudirman, Senin (17/4) diserang oleh 4 orang teroris. Kelompok teroris tersebut akhirnya berhasil dilumpuhkan oleh Tim gabungan Penanggulangan Aksi, yang salah satu pelakunya ditembak mati oleh petugas.

Kejadian ini, adalah rangkaian bagian dari adegan yang digambarkan dalam simulasi penangulangan dan pengendalian situasi kritis aksi teroris dalam rangka kesiapan jajaran Polres Brebes mengantisipasi penyerangan oleh kelompok orang yang tidak suka dengan Polri, seperti halnya yang terjadi di salah satu Polres di Jawa Tengah beberapa hari yang lalu.

Digambarkan dalam simulasi tersebut, kelompok teroris yang berjumlah 4 orang dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama sebagai pengumpan untuk mengecoh pertahanan dan kelengahan pertugas sehingga saat situasi markas sepi kelompok lainya datang untuk menyerang masuk ke Mapolres.

Berawal saat dua orang teroris datang dipenjagaan, yang berpura-pura untuk mendapatkan layaanan kepolisian. Namun secara tiba-tiba salah satu teroris mengeluarkan senjata tajam dan diarahkan langsung kepada petugas. Dengan penguasaan beladiri yang telah dimiliki akhirnya dua orang teroris berhasil dilumpuhkan.

Melihat rekannya ditangkap dua orang teroris lainya melarikan diri. Dengan berbekal ciri dan informasi yang telah didapat sempat terjadi kejar-keran oleh petugas dan koordinasi antar satuan akhirnya kedua teroris behasil dilumpuhkan dengan pemasangan Road Blocker Set yang berhasil mengempeskan ban sepeda motor pelaku sehingga pasukan bersenjata yang telah siap dilokasi dengan langsung melumpuhkan dengan menembak kaki salah satu teroris.

Dalam adegan ini juga digambarkan, salah satu teroris lainya berusaha melakukan perlawanan dengan mengeluarkan senjata api dan sempat terjadi baku tembak dengan aparat. Karena membahyakan keselamatan warga dan petugas, sehingga oleh petugas lainya langsung ditembak mati.

Kapolres Brebes AKBP Luthfie Sulistiawan  mengatakan latihan ini merupakan bagian dari kesiapan menanggulangi aksi terorisme.

“Simulasi ini penting agar polisi selalu sigap dalam menangani hal-hal yang tak terduga. Sehingga dalam keadaan genting sekalipun, setiap langkah yang diambil oleh para anggota polisi tetap sesuai prosedur. Kegiatan ini juga merupakan latihan penanggulangan aksi terorisme, khususnya aksi teror pada petugas polisi dan markas kepolisian,” jelas Kapolres usai menyaksikan simulasi yang digelar di halaman Mapolres Brebes.

Dia berharap seluruh anggota dapat memahami dan mampu menanggulangi saat ada serangan teroris di wilayah Brebes. Pihaknya juga mengintruksikan kepada seluruh anggotanya baik yang di Polres maupun Polsek untuk selalu meningkatkan kewaspadaan pribadi maupun saat tengah melaksanakan tugas.

Penulis : Sarinto

Editor : Umi Fadilah

Publish : Sarinto

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password