Penerimaan Polri Polres Brebes : 192 Calon Pendaftar Polisi Tanda Tangani Pakta Intergritas

 

Tribratanews.polri.go.id, Brebes – Sebanyak 192 peserta seleksi calon Brigadir dan Tamtama tahun anggaran 2017 menandatangani pakta integritas di Markas Kepolisian Resor Brebes, Polda Jawa Tengah, Senin (17/4/2017).

Kegiatan yang digelar di Aula Mapolres Brebes ini dimaksudkan untuk menegaskan bahwa proses seleksi calon siswa anggota Polri di Brebes berlangsung secara transparan, jujur, akuntabel, dan humanis.

Dalam kegiatan yang dimulai pada pukul 09.00 WIB itu, hadir Kapolres Brebes AKBP Luthfie Sulistiawan, Bupati Brebes Idza Priyanti, Kasdim 0713 Brebes Mayor Inf Ustadi Rahmat, Kepala Kejaksaan, Ketua Pengadilan dan dan semua perwakilan orangtua siswa yang lolos dalam seleksi berkas Penerimaan Calon Taruna Akpol, Brigadir dan Tamtama Tahun anggaran 2017 Polres Brebes.

Sebelum dimulainya penandatanganan pakta Intergritas ini, Kapolres Brebes AKBP Luthfie Sulistiawan menyampaikan bahwa banyaknya animo masyarakat Brebes yang ingin mendaftar untuk menjadi anggota Polri semakin bertambah. Hal ini dibuktikan dengan naiknya jumlah pendaftar dan berhasil lolos verifikasi ditingkat Panitia Pembantu Penerimaan (Pabanrim) tahun 2017.

Disampaikan Kapolres bahwa untuk tahun ini yang dinyatakan lolos verifikasi sebanyak 192 calon. Lebih banyak dibandingkan tahun 2016 yang lalu yakni sejumlah 162 calon. “Ada kenaikan sekitar 20 % dibanding tahun lalu,” jelasanya.

Ditambahkan Kapolres, seiring dengan animo masyarakat Kabupaten Brebes yang besar untuk menjadi anggota Polri, pihaknya berharap khusus pengiriman kabupaten Brebes akan banyak yang dapat di terima menjadi anggota Polri.

Selain itu, ditegaskan juga oleh Luthfie bahwa dalam seleksi penerimaan Polri ini tidak dipungut biaya. Oleh karena itu, kalau ada panitia yang mengiming-imingi ataupun memberikan janji bisa meluluskan dengan memberikan sejumlah uang, kepada orang tua maupun keluarga untuk tidak mempercayainya. Pihaknya, justru berharap jika ada panitia yang menjanjikan bisa meluluskan menjadi anggota Polri agar bisa melapor dan akan diproses secara hukum kepada panitia yang main-main dalam tahapan seleksi penerimaan Polri ini.

“Kita berharap dengan adanya pembacaan dan penandatanganan pakta integritas, kepada seluruh Panitia, Orang Tua dan calon siswa yang telah dinyatakan lolos berkas untuk selanjutnya berangkat ke Polda Jawa tengah betul-betul sesuai dengan proses tanpa ada kolusi dan nepotisme,” kata Luthfie.

Seleksi penerimaan calon anggota Polri di Polres Brebes sendiri berlangsung sejak 4 Maret – 15 April. Ada 192 calon anggota Polri yang dinyatakan lulus terbagi dalam empat jurusan. 135 mengikuti seleksi Bintara Tugas Umum, 13 pendaftar mengikuti seleksi Akademi Kepolisian (Akpol), 31 Bintara IT dan 12 anak mendaftar Tamtama.

Semua calon siswa yang dinyatakan lolos berkas tahap pertama di Polres Brebes tersebut selanjutnya akan mengikuti seleksi di tingkat Polda Jawa Tengah, untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya. Proses seleksi yang akan dijalani oleh para calon siswa adalah pengecekan ulang seluruh berkas, ukuran tinggi badan, berat badan, serta menjalani tes tertulis dan tes jasmani, serta tes kesehatan dan psikotes.

Penulis : Sarinto

Editor : Umi Fadilah

Publish : Sarinto

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password