Hakim Vonis Maksimal Pelaku Penganiayaan di Jl. Kenari Jogja

tribratanews.polri.go.id – JOGJA – Siang tadi (17/4) Majelis Hakim telah menjatuhkan vonis kepada enam pelaku penganiayaan terhadap Ilham Bayu Fajar (17 tahun). Seperti telah diberitakan sebelumnya, Ilham Bayu Fajar meninggal setelah mengalami penganiayaan di Jl. Kenari pada Minggu dini hari 12 Maret 2017. Atas kesigapan petugas dan dukungan infomasi dari warga masyarakat, komplotan pelaku berhasil ditangkap pada Selasa 14 Maret 2017.

Sidang Pembacaan Putusan yang digelar tertutup di Pengadilan Negeri Yogyakarta mendapatkan pengamanan ketat dari Polresta Yogyakarta tersebut. Majelis Hakim menjatuhkan vonis kepada enam terdakwa. Vonis kepada enam terdakwa tidak sama dikarenakan peran dari setiap terdakwa berbeda – beda saat peristiwa tersebut.

Kepada Fs pelaku yang menganiaya korban hingga meninggal dunia, Majelis Hakim menjatuhkan vonis 7 tahun 6 bulan. Sedangkan kepada Al yang menjadi joki Fs, Hakim memvonis 7 tahun penjara.

Empat tersangka lainnya yang terbukti menjadi bagian dari kelompok Fs dan Al divonis bervariasi. Jl divonis 5 tahun 6 bulan, karena terbukti membawa clurit, Km divonis 5 tahun karena terbukti membawa botol. Sedangkan Ae dan Tg mendapat vonis masing – masing 4 tahun. Ae dan Tg adalah joki dari Km dan Jl.

Saat sidang digelar, di luar ruang sidang terjadi aksi dukungan penegakan hukum dari sekitar 20 pelajar dan mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Pelajar dan Mahasiswa Sumatera Selatan. Dalam aksinya, massa menuntut pengusutan tuntas kasus ini dan meminta keamanan di Jogja dikembalikan. Sidang sendiri berakhir pada 13.30 WIB.

penulis: dheny/mfajar

editor: umi fadilah

publish: mfajar

sumber foto: internet

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password