JENDERAL POLISI HOEGENG: Patung Sosok Polisi Teladan Berdiri Di SPN Polda Kaltim

POLDA KALTIM – Kepala Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Kaltim Kombes Pol Eko Nugrohadi mendirikan monumen/patung Jenderal Polisi (purnawirawan) Drs. Hoegeng Imam Santoso yang menjabat Kapolri ke-5 (1968-1971).

Patung dan prasastinya ini berlokasi di Kantor SPN Polda Kaltim, Stalkuda, Balikpapan. Tepatnya di samping Pos Jaga SPN Polda Kaltim.

Dihadapan siswa dan beberapa pembinanya Eko Nugrohadi mengharapkan agar Polisi yang sedang menjalani pendidikan di SPN Polda Kaltim dapat memiliki sifat seperti sosok Hoegeng yang kisah dan kiprah selalu layak diceritakan turun-temurun agar menjadi teladan bagi seluruh anggota Korps Bhayangkara.

“Jenderal Polisi Hoegeng adalah satu teladan polisi Bersih, Tegas, Berani, Jujur, Konsisten dan Sederhana”. tutur pria berpangkat melati tiga ini, Pada Kamis (29/12/2016).

Kombes Pol Eko Nugrohadi mengatakan bahwa prasasti patung Hoegeng ini telah ditandatangani Kapolda Kaltim Irjen Pol Safaruddin pada selasa lalu (27/12).

“prasastinya ditandatangani Bapak Kapolda” kata Eko saat menjelaskan sejarah Hoegeng.

img-20161229-wa0005

Diketahui, Hoegeng Iman Santoso atau dipanggil dengan Hoegeng, lahir pada 14 Oktober 1921 di Pekalongan dan meninggal tahun 2004 lalu. Inilah contoh jenderal polisi jujur yang pernah dimiliki oleh Indonesia. Usai pensiun sekali pun meski pernah menjabat sebagai Kapolri, ia tidak memiliki rumah dan kendaraan pribadi.

Walaupun beliau saat ini sudah tiada, namun sifat dan kepemimpinannya dapat dijadikan tauladan bagi generasi penerus Kepolisian Republik Indonesia.

(Humas polda kaltim)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password