Penerimaan Polri di Sukoharjo : Calon Anggota Polri dan Orang Tua Tandatangani Fakta Integritas

Tribratanews.polri.go.id, Sukoharjo – 206 Calon anggota Polri yang didampingi oleh orang tuanya masing masing melakukan pendatanganan Fakta Integritas penerimaan anggota Polri tahun anggkatan 2017 di Ruang Panjura Polres Sukoharjo, Senin (17/04/2017). Penandatanganan dilakukan oleh Kapolres Sukoharjo AKBP Ruminio Ardano S.IK, perwakilan dari LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat), Dispendukcapil (Dinas kependudukan catatan sipil) Sukoharjo, orang tua calon anggota Polri serta calon anggota Polri.

 

Dalam penerimaan anggota Polri tahun anggkatan 2017 ini ada beberapa sumber penerimaan yang diataranya sumber Perwira dari AKPOl (Akademi Kepolisian), Brigadir atau Bintara dari Caba dan sumber Bhayangkara atau yang sering disebut Tamtama. Untuk pelaksanaan penerimaan Polri dilakukan secara terintegrasi atau bersam sama, artinya penerimaan anggota baik dari sumber AKPOl, Brigadir dan Tam Tama pendaftaranya dilakukan secara bersam sama.

 

“Tahap awal selaksi seperti seleksi administrasi, seleksi fisik dan tinggi badan serta berat badan akan dilakukan besuk di Mapolda Jawa Tengah,” kata AKBP Ruminio Ardano S.IK.

 

Kapolres Sukoharjo AKBP Ruminio Ardano S.IK mengatakan, penadatanganan fakta integritas dilakukan untuk membutikan bahwa penerimaan anggota Polri dilaksanakan secara transparan dan bersih. Selain itu dalam penerimaan kali ini Kepolisian menggunakan prinsip “BETAH” (bersih, transparan, akuntabel dan humanis).

 

“Penerimaan anggota Polri tidak di bungut biaya atapun KKN di dalam pelaksanaanya,” tegasnya.

 

Lebih lanjut, untuk mewujudkan penerimaan angggota Polri bebas dari KKN serta transparan dan bersih. Kepolisian juga meminta bantuan dari pihak exsternal untuk membantu melakukan pengawasan. Dalam hal ini pihak exsternal yang terlibat untuk melakukan pengawasan adalah LSM, Dispendukcapil dan Diknas.

 

“Setiap tahapan pihak exsternal selalu dilibiatkan, misalnya pembuatan soal dibuat oleh pihak yang sudah di tunjuk Diknas. Ini untuk membuktikan bhawa penerimaan angggota Polri bebas dari KKN, Transparan dan bersih seperti moto kami Clean N Clear,” paparnya.

 

Untuk tahun ini yang lolos tes adiministrasi awal sebanyak 210 calon anggota Polri, namun ada 4 calon yang sudah mengundurkan diri. Dari keseluruhan calon anggota Polri yang akan mengikuti tes tahap awal di Polda Jawa Tengah, paling banyak memilih jalur Brigadir dengan 176 calon, AKPOL 20 caloon dan Tamtama 14 Calon.

Penulis   : Eka Prasetia

Editor     : Umi Fadhilah

Publish   : Eka Prasetia

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password