Penandatanganan Pakta Integritas Warnai Pelaksanaan Seleksi Penerimaan Anggota Polri di Grobogan

Tribratanews.polri.go.id, Grobogan – Penandatanganan pakta integritas mewarnai pelaksanaan rangkaian seleksi dalam penerimaan calon anggota Polri tahun anggaran 2017 oleh Panitia Pembantu Penerimaan Anggota Polri (Pabanrim) Polres Grobogan, Senin (17/4).

Pembacaan dan penandatanganan pakta integritas itu dilakukan enam orang perwakilan, masing-masing dari panitia, orang tua, pengawas, calon taruna Akpol, calon siswa bintara dan tamtama, di Aula Jananuraga Mapolres Grobogan.

Pakta integritas yang dibacakan secara bergantian dan diikuti masing-masing pihak tersebut, pada intinya menolak segala bentuk praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) selama proses seleksi berlangsung.

Kapolres Grobogan AKBP Satria Rizkiano SIK MSi MM mengatakan, dengan dibaca serta ditandatangani pakta integritas itu, maka semua pihak yang terkait dalam penerimaan ini telah sepakat untuk menghindari segala bentuk kecurangan.

Dia menegaskan, pelaksanaan setiap tahapan seleksi penerimaan calon anggota Polri mengedepankan prinsip “BETAH” yakni Bersih, Transparan, Akuntabel, dan Humanis.

“Proses penerimaan dari awal hingga akhir diharapkan berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” kata AKBP Satria.

Dia berharap calon taruna (catar) Akpol serta calon siswa (casis) Bintara dan Tamtama agar mulai menyesuaikan diri dengan aturan yang berlaku di lingkungan kepolisian.

“Seluruh catar dan casis agar membiasakan diri, mulai dari sikap, penampilan dan kedisiplinan. Selamat mengikuti seleksi dan semoga sukses,” ujar Kapolres.

Hadir pada kegiatan itu, para pejabat utama Polres Grobogan, panitia eksternal dari Dinas Pendidikan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, peserta seleksi berikut orang tuanya.

Kapolres menyampaikan kepada para calon anggota Polri, bahwa dalam proses seleksi harus percaya kepada kemampuan diri masing-masing. Doa dan upaya keras, akan menghasilkan hasil yang maksimal.

Dirinya menegaskan jika penerimaan ini bebas dari penyuapan. Kapolres meminta agar orang tua dan peserta tidak tergiur oleh tawaran bayaran yang dapat meloloskan calon peserta.

Penulis : Teddy

Editor : Umi Fadilah

Publish : Nur

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password