Kunjungan Muhibbah Polda Kalbar ke PDRM Kontijen Sarawak, Rakor Pengamanan di Wilayah Pebatasan

IMG_0373

Tribratanews.polri.go.id. Polda Kalbar – Pontianak, Kapolda Kalbar Irjen (Pol) Drs. Musyafak, SH, MM, melaksanakan kunjungan muhibbah dan rapat koordinasi Polda Kalbar ke PDRM Kontinjen Sarawak dalam rangka kerjasama pengamanan di Wilayah Perbatasan Kalbar.

Kegiatan Kunjungan Dilaksanakan beberapa hari lalu dari tanggal 13 s/d 15 April 2017 di Kuching Sarawak Malaysia. Kapolda Kalbar kepada media menyampaikan bahwa 9 Jam perjalanan rombongan berangkat menggunakan Jalur darat melewati pintu Perbatasan Entikong (Border Entikong) sampai di wilayah Kuching Sarawak Malaysia, sekaligus memantau situasi perbatasan wilayah Entikong Sanggau Kalbar yang berbatasan dengan Tembedu Serian Malaysia, “tuturnya.

IMG_0369Pejabat Utama Polda Kalbar yang bertanggungjawab masalah Pengamanan Wilayah Perbatasan turut mendampingi Kapolda Kalbar dalam kegiatan Muhhibah dan Rapat Koordinasi tersebut: Karoops Polda Kalbar, Dirsabhara, Dirintelkam, Dirkrimum, Dirbinmas, Dirpam Obvit, Dansat Brimob, Dirpolair, Dirlantas, Diresnarkoba, Direskrimsus, dan 5 Kapolres Perbatasan: Kapolres Sambas, Bengkayang, Sanggau, Sintang dan Kapolres Kapuas Hulu.

Hari pertama tiba di Sarawak tanggal 13 April 2017 pagi, Kapolda Kalbar melaksanakan Kunjungan Muhhibah ke Ibu Polis Kontijen Sarawak Kuching Malaysia yang disambut langsung oleh Pesuruh Jaya Polis Kontinjen Sarawak CP. Datuk Mazlan bin IMG_0367Mansyur beserta Seluruh Pejabat Polis Kontinjen Sarawak dilanjutkan Ramah tamah dan melaksanakan Rapat Koordinasi antara Polri Polda Kalbar dengan PDRM kontinjen Sarawak di Aula Ibu Polis Kontijen Sarawak. Rapat tersebut diikuti oleh Pejabat Utama Polda Kalbar beserta Kapolres perbatasan dan Pejabat Utama Polis Kontinjen Sarawak beserta Ketua Polis Daerah Perbatasan.

Berbagai permasalahan yang menyangkut Lintas Batas Kedua Wilayah Kalbar dan Sarawak dibahas dalam kegiatan rapat tersebut. Kapolda Kalbar memaparkan langsung terkait: Rapat Koordinasi/Mesyuarat dan kunjungan Timbal balas, IMG_0374Peningkatan pengamanan perbatasan melalui pembangunan Pos Pos perbatasan, Patroli terkoordinasi atau Rondaan bersama di perbatasan/Sempadan, Patroli terkoordinasi di perairan, Penanganan kasus lintas Negara, Pertukaran Informasi dan Komunikasi radio pada frekwensi yang ditentukan.

Kunjungan Rapat Koordinasi terakhir Kapolda Kalbar ke Ibu Polis Kontinjen Sarawak pada Januari 2014 namun hanya dalam rangka Silahturahmi sedangkan Rapat Koordinasi serta membahas kesepakatan kerjasama Koordinasi terakhir IMG_0356dilaksanakan tahun 2010, dan baru sekarang di 2017 Kapolda Kalbar melaksanakan kembali kegiatan tersebut yaitu silahturahmi sekaligus Rapat Koordinasi yang hal ini akan dilaksanakan secara terus menerus serta waktu yang telah terjadwal guna meningkatkan Komunikasi yang baik antar Polisi kedua Negara terutama terkait pengamanan perbatasan Kedua wilayah, “ulasnya.

Hari kedua dilanjutkan pertemuan dengan Pejabat Polis Kontinjen Sarawak di ruangan Kerja Satuan fungsi masing-masing guna membahas trend IMG_0357perkembangan situasi Lintas Batas dan pertukaran informasi terkait Penyelundupan, Kejahatan Narkoba, Daftar pencarian Orang, Barang bukti (Hilang temu Kendaraan), TKI ilegal, Laka lantas dan pelanggaran lalu lintas kendaraan lintas negara serta kegiatan masyarakat di wilayah perbatasan. Sehingga diperoleh butir-butir kesepakatan kerjasama dalam bentuk koordinasi pengamanan perbatasan secara bersama sama antara lain sbb:
1. Melaksanakan kunjungan timbal balas antara Polri Polda Kalbar dan PDRM Kontinjen Sarawak.
2. Melaksanakan Patroli/Rondaan di perbatasan/Sempadan secara bersama sama selama 2 kali dalam Setahun.
3. Melaksanakan Pertukaran informasi antara PDRM Kontinjen Sarawak dengan Polri Polda Kalbar.
IMG_03644. Meningkatkan kerjasama Police to Police dalam mengamankan wilayah perbatasan dan mencegah terjadinya penyelundupan.
5. Melaksanakan Pertukaran Informasi terhadap pelaku Penyelundupan Narkotika.
6. Melaksanakan Pertukaran Informasi data kendaraan dari hasil Kejahatan secara online yang bisa di Akses oleh kedua negara.
7. Meningkatkan hubungan yang baik untuk saling koordinasi antara Kapolres Perbatasan dengan Ketua Polis Daerah perbatasan dalam menyelesaikan permasalahan yang ada di perbatasan.

Hari ketiga, rombongan Kapolda Kalbar berangkat menuju Wilayah Kalbar melalui perbatasan Tembedu Sarawak – Entikong Kalbar, dengan diakhiri berkunjung ke Balai Polis Tembedu Serian Sarawak Malaysia dilanjutkan Ramah tamah bersama Ketua Polis Daerah Serian dan Ketua Balai Polis Tembedu, dengan agenda membahas sejauh mana kerjasama yang sudah berjalan saat ini antara Ketua Balai Polis Tembedu dengan Kapolsek Entikong guna melaksanakan pengamanan perbatasan kedua Negara, “pungkasnya.

Penulis: Cucu Safiyudin
Editor: Umi Fadilah
Publish: Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password