Motivasi Personel Agar Peduli Kebersihan, Kapolda Sulsel Beri Pengharaan Kepada Satker dengan Toilet Terbersih

Tribratanews.polri.go.id – Makassar Sulsel, Selain memberikan penghargaan pada personil berprestasi, Kapolda Sulsel Irjen Pol Muktiono dalam upacara pengibaran bendera merah putih juga memberikan penghargaan toilet terbersih kepada Satker jajaran Mapolda Sulsel, Senin (17/04/17).

Kapolda Sulsel mengapresiasi satker yang telah berupaya berinovasi dan peduli kebersihan toilet serta berusaha menjadi yang terbaik walapun masih ada satker yang masih mempertahankan keaslian bangunannya.

“Kalau toiletnya saja bersih, maka otomatis pelaksanaan pekerjaan juga akan nyaman,” kata Kapolda dalam upacara pengibaran bendera merah putih, di Lapangan Mapolda Sulsel, Senin (17/04/17).

Pemenang lomba toilet terbersih Polda Sulsel adalah Satker  Ditreskrimsus ditempat pertama, disusul Dit Binmas dan Satker Dit Intelkam di tempat ketiga.

Kategori yang masih butuh peningkatan kebersihan diraih Rumkit Bhayangkara, Bid Keuangan, dan Bid Dokkes Polda Sulsel.

“Kami berharap apresiasi ini bisa memotivasi para satuan kerja agar senantiasa menjaga kebersihan toilet mereka agar pelaksanaan tugas sehari-hari berjalan dengan baik,” tambah Kapolda.

Menjaga kesehatan lingkungan termasuk toilet adalah suatu kewajiban bagi setiap individu. Kesehatan adalah anugerah dari Sang Pencipta dan lingkungan harus tetap dijaga agar kita dan keluarga juga masyarakat sekitar kita terhindar dari penyakit akibat lingkungan kita yang kotor dan tidak bersih. Karena kesehatan adalah hal yang tidak ternilai harganya.

Terkadang pada saat kita sehat, kita lupa akan nikmatnya menjadi sehat dan ketika sakit kita baru akan tersadar dan merasakan betapa kesehatan itu sungguh sangat berharga.

Tubuh yang sehat bisa didapatkan dari berolahraga secara teratur, mengkomsumsi makanan bergizi, dan lingkungan yang sehat dan bersih. Lingkungan yang sehat terkadang sering tidak kita perhatikan karena kesibukan dalam aktivitas kita masing-masing sehingga lingkungan sekitar tidak dijaga kebersihannya.

Akibat dari lingkungan yang tidak bersih atau tidak sehat dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, salah satu yang paling mengkhawatirkan adalah demam berdarah (DBD) karena dapat menyebabkan kematian. Demam berdarah ini biasanya terjadi akibat lingkungan tempat tinggal yang tidak sehat.

Kebersihan lingkungan merupakan keadaan bebas dari kotoran, termasuk di dalamnya, debu, sampah, dan bau. Di Indonesia, masalah kebersihan lingkungan selalu menjadi perdebatan dan masalah yang berkembang. Kasus-kasus yang menyangkut masalah kebersihan lingkungan setiap tahunnya terus meningkat.

Kita harus tahu tentang manfaat menjaga kebersihan lingkungan, karena menjaga kebersihan lingkungan sangatlah berguna untuk kita semua karena dapat menciptakan kehidupan yang aman, bersih, sejuk dan sehat.

Manfaat menjaga kebersihan lingkungan antara lain:
1. Terhindar dari penyakit yang disebabkan lingkungan yang tidak sehat.
2. Lingkungan menjadi lebih sejuk.
3. Bebas dari polusi udara/bau tak sedap.
4. Lebih tenang dalam menjalankan aktifitas sehari hari.

Masih banyak lagi manfaat menjaga kebersihan lingkungan, maka dari itu kita harus menyadari akan pentingnya kebersihan lingkungan mulai dari rumah kita sendiri misalnya rajin menyapu halaman rumah, rajin membersihkan selokan rumah kita, membuang sampah pada tempatnya, dan dapat dimulai juga dalam hal membersihkan lingkungan kita setiap jumat pagi, bahkan alangkah lebih baiknya kalau dilakukan setiap hari.

Lingkungan akan lebih baik jika semua orang sadar dan bertanggung jawab akan kebersihan lingkungan, karena hal itu harus ditanamkan sejak dini.

Apa yang dilakukan Kapolda Sulsel dengan memperlombakan kebersihan toilet adalah terobosan yang inovatif, kenapa? Karena dengan begitu personel akan terdorong peduli dengan kebesihan lingkungannya. Tentunya tidak berhenti sampai disitu saja, para personel dtuntut untuk terus menjaga kebersihannya walaupun lomba telah usai.

Penulis : Taufik

Editor : Umi Fadilah

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password