192 Calon Siswa Anggota Polri Mengikuti Pendaftaran di Polres Brebes

WhatsApp-Image-2017-04-16-at-10.09.43-AM

Tribratanews.polri.go.id Brebes – Sebanyak 192 calon siswa anggota Polri mengikuti pemeriksaan administrasi awal (Rikmin) di Mapolres Brebes, Minggu (16/4). Pernyataan tersebut diungkapkan langsung oleh Kapolres Brebes AKBP Luthfie Sulistiawan melalui Kabag Sumda Kompol Cahyadi disela-sela pemeriksaan berkas.

Menurutnya, pemeriksaan tersebut pihaknya melibatkan Dinas Kependuduka Catatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora), Kementerian Agama (Kemenag), Lembaga Pendidikan serta Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

Dia mengungkapkan, tujuan dari pemeriksaan berkas awal tersebut tidak lain untuk memastikan semua berkas calon anggota Polri sudah lengkap. Pasalnya, setelah pemeriksaan ini, calon anggota Polri yang dinyatakan lulus akan melakukan pemeriksaan berkas kembali yang dilakukan di Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

“Dari total yang mendaftar mencapai 300an lebih, tapi yang memenuhi persyatan yakni jumlahnya 192 anak,” ungkapnya.

Masih kata dia, dari 192 calon anggota Polri yang dinyatakan lulus terbagi dalam empat jurusan. 135 anak Bintara Tugas Umum, 13 anak Akademi Kepolisian (Akpol), 31 Bintara IT dan 12 anak Tamtama. Sedangkan untuk Bintara Musik tidak ada peminatnya.

Lebih lanjut, rata-rata siswa yang tidak memenuhi persyaratan yakni tinggi badan dan nilai ijazah yang kurang. Dimana tinggi badan dan ijazah untuk Bintara Umum yakni 165 cm untuk putra dan 160 cm untuk putri sedangkan nilainya 60, Akpol untuk putra 165 cm dan putri 155 cm dengan nilai 70, Bintara IT putra 160 cm dan putri 155 cm dengan nilai 60 dan Tamtama putra 155 cm sesuai dengan kriteria kelulusan.

“Kalau untuk animo siswa yang ingin daftar sangat banyak, tapi itu tadi mereka terkendala dengan tinggi badan dan persyaratan lainnya,” ujarnya.

Jika dinyatakan lulus dalam pemeriksaan awal, kata dia, seluruh calon anggota Polri beserta orang tua akan melakukan penandatanganan fakta integritas, Senin (17/4). Setelah itu, seluruh calon anggota Polri akan mengikuti ferivikasi tinggi badan di tingkat Polda Jateng, Selasa (18/4).

“Yang jelas dalam semua tahapan siswa tidak dipungut biaya alias gratis. Jadi kami (Mapolres Brebes) hanya memfasilitasi siswa yang ingin menjadi anggota Polri,” terangnya.

 Penulis : Nur S

Editor : Umi Fadilah

Publish : Sarinto

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password