Ratusan Casis Polres Takalar Lakukan Penandatanganan Pakta Integritas

Tribratanews.polri.go.id – Takalar Sulsel, Sebanyak 230 calon siswa (Casis) Polisi Republik Indonesia (Polri), menandatangani pakta integritas seleksi penerimaan anggota Polri tahun 2017 Panbanrim Polres Takalar, Minggu 16/4/2017 pukul 09.00 wita.

Kapolres Takalar AKBP Iskandar, SH.SIK, melalui Wakapolres Takalar Kompol Agus Salim di damping Kabag Sumda Polres Takalar Kompol I Made Mega, mengatakan, penandatanganan pakta integritas merupakan kontrak moral yang dituangkan dalam bentuk surat pernyataan dan ditandatangani secara bersama oleh para peserta seleksi, panitia dan pengawas eksternal.

“Dalam pernyataan yang ditandatangani, berisi tentang ikrar untuk mencegah dan tidak melakukan KKN dalam proses seleksi Penerimaan anggota Polri,” tegasnya.

Ditambahkan Wakapolres, guna mendukung terwujudnya reformasi birokrasi, pelaksanaan seleksi anggota Polri kali ini diselenggarakan secara prinsip ‘Betah’, yaitu Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis.

“Untuk itu, rangkaian seleksi yang diselenggarakan melibatkan pengawas internal Polres Takalar SIWAS dan PROVOST,” jelasnya.

“ini akan bertambah lagi, mengingat pada hari ini juga merupakan hari terakhir Proses Penerimaan dan Verifikasi dan Rikmin Panbanrim Polres Takalar,” tambah Agus Salim.

Penandatanganan pakta integritas kepada para casis adalah bentuk komitmen Polri untuk mengedepankan prinsip BETAH (Bersih Transparan Akuntabel dan Humanis). Jauh hari Polda Sulsel dan jajaran telah melakukan sosialisasi mengenai prinsip BETAH dalam penerimaan Polri telah dilakukan jauh hari oleh Polres-Polres jajaran Polda Sulsel, seperti menyebar brosur penerimaan Polri di jalan-jalan dan rumah-rumah makan, live di radio, live di tv, masuk ke sekolah-sekolah dan lain-lain.

Komitmen untuk menerapkan prinsip BETAH terlihat saat panitia penerimaan Calon Siswa (Casis) Polri tahun 2017 jajaran Polda Sulsel diambil sumpah dan menandatangani Pakta Integritas, Selasa (21/2). Kegiatan ini dipimpin langsung Asisten Sumber Daya Manusia Kapolri, Irjen Polisi Arif Sulistianto melalui video conference (Vicon).

Agar proses seleksi anggota Polri tahun 2017 bersih dan transparan, Asisten SDM Polri, Irjen Arief Sulistyono melalui Vicon Polda se-Indonesia memerintahkan petugas seleksi untuk disumpah.

“Sumpah ini bukan kepada Kapolri, tetapi kepada Allah,” kata Irjen Pol Arief Sulistyono saat memimpin prosesi pengambilan sumpah.

“Saya berjanji bahwa saya akan menjalankan tugas seleksi penerimaan anggota polisi dengan penuh tanggungjawab, jujur, objektif dalam setiap proses penerimaan,” ucap seluruh panitia penerimaan Polri Polda Sulsel tahun 2017 secara serentak melalui Vicon.

Pengambilan sumpah ini dimaksudkan untuk menjamin transparansi dalam proses penerimaan Polri yang akan dilaksanakan oleh Polda Sulsel dalam waktu dekat ini. Bila calon diketahui berbuat kecurangan, maka akan dicatat dan dipidanakan. Dan untuk anggota Polri, akan diberikan sanksi disiplin.

Penulis : Apri

Editor : Umi Fadilah

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password